Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Suiasa Paparkan PPNSB dalam Rakerda PDI Perjuangan di Kalimantan Utara

  • 08 Maret 2020
  • 21:20 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1299 Pengunjung
istimewa

Badung,suaradewata.com - Kesuksesan Pemkab Badung mengimplementasikan program Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak baik itu skala daerah maupun skala nasional. Tak ayal, baik Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa kerap diundang menyampaikan program PPNSB yang telah dilaksanakan di Badung selama ini. 

Setelah sebelumnya Bupati Giri Prasta diundang sebagai keynote speaker pada Rakerda PDIP Kepulauan Riau tahun 2020 dan Wabup Suiasa diundang sebagai keynote speaker dalam Rakerda DPD PDIP Sumatera Barat beberapa waktu lalu, kali ini kembali Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa diundang sebagai keynote speaker dalam Rekerda PDI Perjuangan di Kalimantan Utara (Kaltara) bertempat di Crown Hotel, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Kamis (05/03/2020). Wabup Suiasa mebawakan materi Politik Partai (Politik Legislasi, Politik Anggaran, Politik Pengawasan) dalam Pembangunan Nasional. Dengan mengambil tema “Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional”. 

Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 1 DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalimantan Utara, tampak hadir Fraksi DPR RI DPP PDI Perjuangan Edy Wuryanto, Ketua DPD PDI Perjuangan Kaltara Jhoni Laing Impang, Wakil Gubernur Provinsi Kaltara, H. Udin Hianggio, Bupati Bulungan Sudjati, seluruh pengurus DPD PDIP Kalimantan Utara, unsur KSB DPC dan PAC se-Kalimantan Utara, Anggota DPRD dari Fraksi PDIP Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara, pengurus badan dan lembaga partai serta kader partai.

Dalam pemaparannya Wabup Suiasa menekankan bahwa implementasi prinsip-prinsip historis, filosofis, ideologis dan sosiologis dari pembangunan berdikari yang disebutkan terdahulu oleh Bung Karno adalah Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) yang merupakan alat dalam mencapai tujuan Tri Sakti Bung Karno. 

"PDI Perjuangan telah memutuskan bahwa PPNSB ini sudah menjadi keputusan politik dan arah politik pembangunan PDI Perjuangan di seluruh Indonesia. Karena itu disebut semesta, di semua tingkatan baik di Nasional, Provinsi serta Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia," papar Suiasa.

Ditambahkan, untuk di Badung PPNSB telah dijabarkan kedalam lima prioritas pembangunan yang meliputi pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, seni, adat, agama dan budaya, serta pariwisata lengkap dengan infrastrukturnya. 

"Di Kalimantan Utara juga layak untuk memasukkan adat, budaya dan agama. Selain itu sesuai potensi kami di Bali adalah pariwisata yang didukung oleh infrastruktur dan lingkungan hidup," jelasnya. 

Sebagaimana dikutip dari cita-cita rakyat Indonesia seperti dikatakan oleh Bung Karno, di dalam masyarakat yang demikian itu aku tidak lagi basah jikalau hujan turun dan tidak lagi kepanasan jikalau matahari terik. Di dalam masyarakat yang demikian itu aku mudah sekali bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Di dalam masyarakat yang demikian itu aku mudah sekali menghirup udara segar daripada kebudayaan yang tinggi. 

"Di dalam masyarakat yang demikian itu aku akan hidup bahagia menurut cita-cita orang tua di jaman dahulu “Tata Tentrem Kerta Raharja"," ujarnya.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER