Cegah Penyebaran Virus Corona dengan Gerakan Hygiene dan Sanitasi Lingkungan

  • 06 Maret 2020
  • 15:05 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 11874 Pengunjung
google

Denpasar, suaradewata.com - Dalam rangka peningkatan kewaspadaan penyebaran penyakit akibat Virus Corona (Covid-l9), Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya memohon kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan dengan melaksanakan gerakan hygiene dan sanitasi lingkungan. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus tersebut di lingkungan masyarakat. 

"Kami mohon kesediaan Saudara untuk melakukan upaya bersama pencegahan dengan melaksanakan gerakan hygiene dan sanitasi lingkungan dengan melaksanakan desinfeksi secara rutin pada tempat tempat umum yang memiliki resiko dalam penyebaran Virus Corona," ungka dr. Suarjaya, Kamis, (05/03/2020).

Ia menerangkan, tempat-tempat umum yang memiliki resiko dalam penyebaran Virus Corona yakni seperti terminal (transportasi darat, laut dan udara), hotel, restaurant, objek wisata, pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, klinik. apotek) dan lempat-tempat umum lainnya. Pada tempat-tempat umum tersebut harus menyediakan hand sanitizer atau sabun pada setiap tempat cuci tangan (wastafel). 

"Jadi kami menghimbau kepada seluruh petugas, pengunjung dan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran," terangnya.

Ia pun menyarankan agar masyarakat rajin mencuci tangan dengan cairan mengandung alkohol/cairan desinfektan lainnya/sabun pada air mengalir. Serta mengkonsumsi gizi seimbang dan perbanyak makan sayur dan buah. Selain itu juga, masyarakat harus rajin berolahraga dan istirahat yang cukup. 

"Perlunya edukasi kepada masyarakat agar tidak panik dan ketakutan berlebihan terhadap Covid19, dan juga selalu berdoa agar masyarakat terhindar dari bahaya Covid-9, gerakan ini agar dilaksanakan secara serentak mulai hari Sabtu tanggal 07 Maret 2020 pada pukul 08.00 wita," ujarnya. ang/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER