Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Lestarikan Menu Tradisional, DPC PDIP Karangasem Gelar Festival Kuliner

  • 23 Februari 2020
  • 17:45 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1587 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - DPC PDIP Karangasem menggelar festival kuliner  di Taman Budaya Chandra Buana, Amlapura, Minggu (23/2/2020). Festival kuliner ini dibuka langsung oleh Ketua DPC PDIP Karangasem, I Gede Dana, dan diikuti oleh 15 tim dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Karangasem. 

Ketua Panitia festival Kuliner, I Nengah Suparta, mengatakan, festival kuliner ini dilaksanakan dalam rangka perayaan HUT PDIP ke 47. Sedangkan peserta dalam lomba memasak di festival kuliner tradisional ini berasal dari perwakilan sekaa teruna, kelompok masyarakat, dan komunitas kuliner di Karangasem. “Ini merupakan salah satu pelestarian dan pengembangan makanan tradisional Bali untuk menjabarkan inovasi pengolahan pangan sesuai dengan kearifan lokal," ucapnya.  

Masing-masing peserta dalam sebuah tim dipersilahkan untuk memasak dan menyajikan menu yang paling khas di daerah mereka dengan berbahan dasar daging ayam, ikan laut dan daging babi, serta bahan lainnya yang ditentukan oleh panitia. Beberapa menu yang dimasak oleh peserta diantaranya serapah ayam, serapah gurita, sate gurita, blayag, lampiong, serta sejumlah menu masakan khas Karangasem lainnya. 

Dibawah pengawasan tim juri yang seluruhnya adalah chef ternama di sejumlah hotel dan restaurant di Karangasem, para peserta diberikan waktu tiga jam oleh panitia untuk menyajikan menu-menu maskan olahan mereka, dimana peserta tidak diperkenankan menggunakan  bahan penyedap Mono Sodium Glutamate (MSG) dan bagi yang kedapatan menggunakan penyedap akan langsung di diskalifikasi. 

Masakan kemudian di serve atau disajikan guna di cicipi oleh tim juri. Dimana taste atau kekuatan rasa, cara penyajian dan seni penyajian akan menjadi penilaian utama. “Yang jelas yang menjadi penilaian kami pertama adalah Taste atau rasa, yang kedua kreatifitas seni penyajian. Tim juri semua disini dari kalangan profesional yakni chef dari sejumlah restaurant dan hotel di Karangasem,” ungkap Chef Wayan Eka Saputra, Ketua Tim Juri festival kuliner ini. 

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Karangasem, I Gede Dana  mengatakan, festival kuliner dilaksanakan secara serentak di seluruh Bali. Ini menurutnya sebagai upaya untuk menggali makanan-makanan khas yang ada di Karangasem. “Ini untuk menggali masakan khas yang ada di Karangasem. Karena masakan khas Karangasem sangat terkenal dengan penggunaan rempah yang memberikan cita rasa yang berbeda," lontarnya. Selanjutnya yang juara akan diberikan pembinaan agar usaha kuliner khas yang disajikan diwarung mereka bisa lebih dikenal baik oleh masyarakat lokal maupun wisatawan asing. 

Yang menjadi juara dalam festival kuliner ini masing-masin, untuk kategori pelayanan terbaik diraih oleh peserta nomor 4 dari Kecamatan Abang, kategori penyajian terbaik diraih oleh peserta nomor 3 dari Kecamatan Abang, kategori rasa terbaik diraih peserta nomor 14 dari Kecamatan Selat, dan Best of the best yang dinilai dari keseluruhannya diraih oleh peserta nomor 13 dari Kecamatan Selat.nov/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER