Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Papua Siap Menjadi Tuan Rumah PON XX 2020

  • 20 Februari 2020
  • 15:35 WITA
  • Nusantara
  • Dibaca: 1384 Pengunjung
google

Oleh : Rebecca Marian

Opini, suaradewata.com - Pemerintah Pusat dan Pemprov Papua terus bekerja sama guna memantapkan pelaksanaan PON XX di Papua. Provinsi Papua pun dinilai siap menjadi tuan rumah PON XX seiring kesiapan venue dan berbagai aspek strategis lainnya.  

Pemerintah Pusat melalui Kemenpora terus memonitor persiapan penyelenggaraan PON XX 2020 yang akan dilaksanakan di Papua. Hal tersebut dilakukan karena Kemenpora ingin perhelatan PON XX 2020 berjalan sukses. Untuk mencapai hal tersebut, Kemenpora telah menjadikan acara PON XX 2020 sebagai tugas berat yang harus dipikul secara bersama-sama. Kesuksesan tersebut harus dicapai karena hal tersebut akan menjadi bagian implementasi visi besar pemerintah khususnya tanggung jawab Kemenpora dalam pembangunan nasional bidang kepemudaan dan keolahragaan.

Dalam kunjungan kerja ke Jayapura, Papua, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan persiapan yang telah dilakukan di beberapa venue, dan sisa waktu beberapa bulan akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Papua untuk menyelesaikan seluruh fasilitas pendukung. Meihat persiapan yang telah dilakukan, Pemerintah Pusat optimis Papua akan sukses menyelenggarakan PON XX tahun 2020. Diharapkan tidak ada hambatan ke depan hingga seluruh kontingen yang berasal dari luar Papua bisa terlayani dengan baik dan bertanding dengan tenang

Kabupaten Jayapura akan menjadi tuan rumah dalam upacara seremoni pembukaan PON XX 2020. Untuk menyukseskan hal tersebut, Pemkab Jayapura terus melakukan koordinasi dengan PB PON untuk mempersiapkan segala kebutuhan jelang upacara pembukaan. Sebagai informasi tambahan, tiga arena baru yang akan mulai dibangun setelah keluarnya Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2020, juga bisa selesai sebelum Oktober 2020. Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu meragukan persiapan yang dilakukan Papua sebagai tuan rumah yang baik untuk menyambut PON XX 2020.

Terkait dengan isu keamanan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan mengatakan selain melakukan pemetaan ancaman, BIN telah melakukan operasi pencegahan dengan memotong segala bentuk potensi yang dapat menganggu keamanan selama penyelenggaraan PON XX di Papua. Kegiatan deteksi dan potensi kerawanan lainnya terus dilakukan oleh BIN sebagai bagian dari operasi gabungan dalam rangka pencegahan agar tidak menjadi gangguan yang nyata. Di sisi lain, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan TNI akan mempertebal pengamanan empat venue penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. TNI juga siap menjamin keamanan demi suksesnya PON 2020 dengan menambah jumlah pasukan di beberapa tempat terutama di empat venue sebagai lokasi penyelenggaraan acara. TNI-Polri dan BIN akan mematangkan rencana kesiapan pengamanan jelang pelaksanaan PON 2020 di Papua. TNI bersama dengan Polri dan BIN yakin pelaksanaan PON dapat berjalan dengan baik tanpa suatu hambatan apapun. TNI juga akan melakukan antispasi apabila terjadi hujan lebat yang mengakibatkan banjir, tanah longsor dan termasuk potensi kemarau panjang seperti BMKG.

Kegiatan pengamanan tersebut telah mendapatkan dukungan dari DPR. Ketua DPR Puan Maharani mengatakan DPR mendukung BIN dan TNI-Polri untuk menjaga keamanan Papua saat PON dan Peparnas digelar. DPR mendukung seluruh langkah-langkah yang dilakukan BIN dan TNI-Polri untuk menjamin keamanan di provinsi papua khususnya di kabupaten/kota yang menjadi penyelenggara acara.

Selain Jayapura, Kabupaten Merauke juga merupakan salah satu wilayah yang akan berpartisipasi dalam penyelenggaraan PON XX 2020. Seluruh venue yang akan digunaan untuk acara tersebut telah selesai dua bulan lebih awal dari target yang ditentukan. Hal tersebut dapat tercapai berkat koordinasi yang baik antara Pemerintah Provinsi Papua, dengan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan terus mengawal proses pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. Tujuannya untuk memastikan perkembangan pembangunan selesai tepat waktu. Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman mengatakan, lapangan Futsal telah siap digunakan untuk PON XX 2020. Sementara itu, untuk venue Baseball di Auri, Kabupaten Jayapura serta lapangan Tenis di Kantor Walikota Jayapura diyakini dapat rampung sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Progress pembangunan tersebut telah meningkatkan rasa optimis bahwa Papua akan mencetak sejarah sebagai penyelenggara multievent nasional olahraga. Salah satu indikator kesuksesan prestasi diharapkan di Papua akan banyak memecahkan rekor nasional di berbagai cabor yang dipertandingkan. Sedangkan dalam hal administrasi akuntabilitas dapat mudah diketahui dan diterima publik, serta secara ekonomi sudah dapat dipastikan berdampak langsung dengan banyaknya kontingen yang akan memadati Papua dari seluruh perwakilan provinsi di Indonesia.

* Penulis adalah pengamat mahasiswi Papua tinggal di Jakarta


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER