Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Gianyar Runners Komunitas Polres Gianyar Mengikuti BBMVER  2020

  • 16 Februari 2020
  • 20:35 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1239 Pengunjung
suaradewata

Gianyar,suaradewata.com - Kapolres Gianyar, AKBP I Dewa Made Adnyana dan Gianyar Runners Komunitas  Polres Gianyar mengikuti Bali Bhayangkara Medco Valentine Eco Run (BMVER) 2020 dengan tema “RUN WITH YOUR HEART” dengan semboyan “PRIDE – RESPECT – GENEROSITY”. Acara ini diikuti ribuan peserta berasal dari 20 negara seperti Kenya, Malaysia, Australia, Belanda, Jepang, Uganda, dan Denmark. Bali Bhayangkara Valentine Eco Run 2020 (BMVER) 2020 ini menjadi event terbesar di awal tahun 2020 di Bali, Minggu, (16/02/20).

Para peserta ini berasal dari berbagai latar belakang, profesi, dan usia. Ada yang pelari profesional, tukang ojek, ibu rumah tangga, TNI, Polri dan lainnya. Ada anak kecil ada pula lansia yang sudah berusia 62 tahun. Mereka mengikuti lomba dalam 3 kategori meliputi lari 5 K, lari 10 K dan kategori spesial pertama di Indonesia yaitu lari 14 K.

Peserta yang teregistrasi mengikuti lomba BMVER 2020 rinciannya, yakni kategori 5K sebanyak 4.695 orang, kategori 10K sebanyak 1.023 orang dan kategori 14K sebanyak 358 orang. Jadi total seluruhnya 6.076 peserta. Kemudian jika ditambahkan undangan dari TNI AD, TNI AL, Sabhara, Brimob, Polresta dan Polres Jajaran Polda Bali, total peserta menjadi 6.426 orang peserta. Ribuan peserta lomba lari ini mulai memadati kawasan Pantai Mertasari sejak pukul 14.00 Wita.

Perlombaan dimulai setelah dilepas oleh Kapolda Bali pukul 16.30 Wita untuk kategori 14 K, pukul 16.45 Wita untuk kategori 10 K, dan pukul 17.00 untuk kategori 5 K. Aadapun rute yang di tempuh peserta lari 5K dengan start dari Pantai Mertasari – Jalan Tirta Empul – Jalan Cemara – Jalan Danau Tambingan – Jalan Nagasari, putar balik ke Jalan Danau Tamblingan – finish di Pantai Mertasari. Kategori lari 10K start di Pantai Mertasari – Jalan Tirta Empul – Cemara – Danau Tamblingan – Danau Toba – Danau Buyan – By Pass Ngurah Rai – Danau Poso – Sekar Waru – Mertasari – Tirta Empul – finish di Pantai Mertasari. Lari 14K dengan start Pantai Mertasari – Jalan Tirta Empul – Jalan Mertasari – Cemara – Danau Tamblingan – Danau Buyan – Jalan Wira – Inna Grand Bali Beach – Jalan Hang Tuah – By Pass Ngurah Rai – Danau Poso – Jalan Cemara – Jalan Mertasari – Jalan Pengembak – finish Pantai Mertasari.

Kapolda Bali di sela acara mengaku puas dengan kegiatan yang digelar oleh Ditlantas Polda Bali ini. Animo masyarakat untuk mengikuti kegiatan tersebut sangat tinggi. Meski persiapan acara berskala internasional itu hanya dua bulan. Target pesertanya 5.000 orang. Hingga pelaksanaan lomba peserta yang teregistrasi sebanyak 6 ribu lebih peserta.

Kapolda Bali mengatakan kegiatan ini tidak sekedar lomba lari. Banyak hal yang ingin dicapai. Pertama, kampanye jaga lingkungan. Dalam kegiatan tersebut dikampanyekan anti sampah plastik. Selain itu digelar penanaman 500 pohon di Pantai Mertasari. Kegiatan penanaman pohon ini sebelumnya sudah digelar di tiap Polres/Polresta.

“Terpenting dari semua itu kegiatan ini digelar untuk menunjukan persatuan dan kesatuan. Kita sama-sama tangkal segala macam isu yang terjadi saat ini. Seperti isu virus corona. Yakin dan percaya dengan olahraga lari dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan virus,” jelas Kapolda Bali.

Dalam perlombaan ini memperebutkan hadiah sebesar Rp 140 juta baik putra maupun putri. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian, tampak hadir dalam acara Bali Bhayangkara Medco Valentine Eco Run 2020 ini.

Selesai mengikuti lomba ribuan pelari dari berbagai negara dan juga masyarakat lainnya mengikuti kegiatan ramah tamah di bibir Pantai Mertasari. Dalam kegiatan penutup ini digelar hiburan menggambarkan suasana valentine.

Kapolres Gianyar mengungkapkan, kegiatan lari kali ini menjadi istimewa dan luar biasa, karena lari 14K yang merupakan kategori pertama di Indonesia. "Kategori 14K adalah kategori untuk menggambarkan valentine day yang jatuh pada tanggal 14 Febuari dan banyak sekali message yang disampaikan, mulai dari pelestarian lingkungan dan ajakan untuk mencintai bumi" tuturnya Kapolres Gianyar ini.gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER