Tinggal Genjot Infrastruktur RPJMD SB Badung 2016-2021 Mantap

  • 15 Februari 2020
  • 12:45 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1741 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana (SB) 2016-2021 yang dirancang paket Bupati Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa hingga 2020 ini masuk kategori mantap. Hal itu dikemukakan Kepala Bappeda Badung Made Wira Dharmajaya didampingi Kabag Humas Made Suardita di bilangan Cemagi, Mengwi Badung, Jumat (14/02/2020).

Menurut Wira Dharmajaya, dari 21 indikator kinerja untuk menilai RPJMD SB tersebut, 12 indikator sesuai target dan 8 indikator terealisasi melewati target. Hanya satu indikator yang belum memenuhi target yakni infrastruktur. Saat ini, tegasnya, indikator infrastruktur  baru mencapai 94 persen. 

"Capaian ini pun masih dalam rentang mantap,” kata Wira.

Walau begitu, mantan Sekwan tersebut optimis infrastruktur ini akan terealisasi sesuai target karena masih ada waktu hingga 2021 mendatang. “Kami akan genjot pada 2020 ini dan selanjutnya pada 2021. Dengan sisa waktu ini, kami yakin target infrastruktur bisa tercapai,” tegasnya.

Ditanya mengenai fluktuasinya pendapatan Badung kaitan dengan perencanaan pembangunan, Made Wira Dharmajaya memastikan sangat berpengaruh. Dia mencontohkan saat ini, di tengah mewabahnya virus corona, pendapatan Badung dipastikan akan menurun.

Menurunnya pendapatan dipastikan akan berpengaruh pada perencanaan. Dalam RPJMD selama 5 tahun tersebut, proyeksi pendapatan dan belanja sudah dipasang. Namun penajaman tetap dilakukan berdasarkan kondisi eksisting perekonomian.

Ditanya mengenai jalan lingkar selatan yang akan dibuat, Wira Dharmajaya berharap secepatnya bisa dilakukan. Pola pembangunannya akan melibatkan pemerintah dan badan usaha.

Selanjutnya baru dokumen perencanaan dan realisasi dokumen, terakhir masuk kepada market sounding. Berikutnya masuk ke tahapan penawaran dan kesepakatan penunjukan. 

"Ini proses yang harus dilalui dan berharap secepatnya ditindaklanjuti,” ujarnya.

Pada saat tersebut, Bappeda memaparkan tema dan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Badung tahun 2021 yaitu, Akselerasi Ekonomi Melalui Peningkatan SDM Unggul, Penguatan Infrastruktur, Budaya dan Lingkungan Hidup. 

"Kata kuncinya, akselerasi ekonomi, peningkatan SDM unggul, penguatan infrastruktur, budaya dan lingkungan hidup," tegasnya. ang/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER