Lapas Tabanan Buka Rehabilitasi Medik Pengguna Narkoba dan Pelatihan Kemandirian

  • 12 Februari 2020
  • 21:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1856 Pengunjung
suaradewata

Tabanan,suaradewata.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tabanan secara resmi membuka Rehabilitasi Medik bagi warga binaan pengguna narkoba dan pelatihan kemandirian bersertifikasi di Lapas Tabanan di Aula Candra Prabhawa Lapas Tabanan, Rabu (12/2).

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali, Sutrisno. Menurutnya rehabilitasi dilakukan agar para narapidana yang sebelumnya terlibat kasus narkoba bisa dipulihkan kesehatannya. Karena menurutnya mereka bukan sakit fisik namun psikisnya yang harus disembuhkan. "Agar begitu bebas manjadi manusia yang normal seperti biasa yang tidak lagi memakai narkoba," ungkapnya.

Selain rehabilitasi, Lapas Tabanan juga melakukan pelatihan kemandirian dengan tujuan agar para narapidana terlatih keterampilannya dan begitu keluar dari Lapas mereka memiliki modal untuk bekerja. "Sehingga mereka memiliki daya tawar lebih tinggi daripada orang yang pernah di berikan pelatihan, total ada 650 napi yang direhab di seluruh Bali," imbuhnya.

Ditambahkan oleh Kalapas Tabanan I Putu Murdiana, ada 84 napi kasus  napi narkoba di Lapas Tabanan yang berasal dari Tabanan serta dari luar Tabanan. Dimana pada 2019 lalu direhabilitasi sebanyak 22 orang. Pada tahun 2019 lalu rehabilitasi dilakukan satu gelombang, dan anggaran rehabilitasi bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 sebesar Rp32 juta.

"Sedangkan di tahun 2020 dilakukan rehabilitasi terhadap 100 orang narapidana kasus narkoba. Yang terdiri dari gelombang pertama 40 orang dan gelombang kedua 60 orang. Anggaran rehabilitasi di ambil dari DIPA LP Tabanan sebesar Rp264 juta," sebutnya.

Selanjutny pelatihan kemandirian konstruksi 20 orang, Jasa 20 orang dan Agrobisnis 20 orang. Pelatihan kemandirian tidak hanya kasus narkoba, namun juga tindak pidana umum yang dipilih setelah diassesmen minat bakat, memenuhi persyaratan dan berkelakuan baik.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER