Pemprov Bali Komit Perbaiki Kualitas Pelayanan Publik

  • 12 Februari 2020
  • 13:45 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 1686 Pengunjung
suaradewata

Denpasar, suaradewata.com - Pemprov Bali berkomitmen kuat dalam upaya memperbaiki kualitas pelayanan publik kepada masyarakat. Pelayanan yang dulunya tidak baik dan belum optimal harus segera diperbaiki dan ditingkatkan.

"Untuk itu diperlukan perubahan perilaku, perubahan mindset dan membutuhkan waktu untuk mewujudkannya," demikian disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, usai MOU dengan Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Bali, Rabu (12/2) di Kantor Gubernur Bali, Denpasar.

Dengan diilakukannya penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemprov Bali dengan Kepala Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Bali Umar Ibnu Alkhatab, merupakan upaya peningkatan pelayanan publik yang telah dilakukan Pemprov Bali.

"Peningkatan itu diantaranya dengan memastikan semua OPD di lingkungan Pemprov Bali telah memenuhi standar pelayanan publik," ungkapnya.

Dirinya mencontohkan peningkatan pelayanan serta kenyamanan daripada UPT Samsat, penerapan e-perijinan. Serta tata kelola keungan yang mengarah ke sistem digital sehingga tidak hanya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didapat tetapi juga tidak ada temuan keuangan (nihil temuan keuangan).

Tidak hanya itu, dari segi kepegawaaian juga disederhanakan dengan menerapkan digitalisasi. Rekrutmen CPNS tahun ini dijamin bersih dan bebas KKN karena dilakukan secara transaparan dan terbuka.

Kedepan demikian Dewa Indra mengajak kepala OPD untuk bersama sama membangun pelayanan public yang lebih baik dan birokrasi yang disegani masyarakat.

Sementara itu, dari perwakilan anggota Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih, menyampaikan bahwasannya pengawasan yang selama ini dilakukan oleh Ombudsman bukanlah untuk mencari kesalahan tetapi lebih kepada pengawasan untuk mencapai kinerja yang lebih baik.

"Ombudsman hadir sebagai mitra kerja pemerintah untuk bersama sama membangun dan mendukung terwujudnya pelayanan publik yang lebih baik," akunya.

Karenanya kata dia, peran aparatur pelaksana pelayanan publik sangat penting untuk terus ditingkatkan, terutama komitmen dalam mewujudkan pelayanan prima. Mot/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER