Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Survei Ganesha Consulting, Head to head IGA Mas Sumatri Menang Mutlak

  • 22 Januari 2020
  • 21:50 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1416 Pengunjung
suaradewata

Karangasem,suaradewata.com - Secara resmi lembaga survei Ganesha Consulting merilis hasil survei Balon Bupati-Wakil Bupati yang akan bertarung pada 2020 mendatang dengan berbagai simulasi. Kepada awak media, Rabu (22/1/2020) Konsultan pemenangan IGA Mas Sumatri, menyampaikan rilis hasil survei tersebut. Dimana survei tersebut dilakukan pada 27-31 Oktober 2019 lalu. 

Disebutkannya ada dua jenis survei yang dilakukan, yaitu survei elektabilitas dan survei pemetaan. Pada survei elektabilitas jumlah respondennya sebanyak 1.100 namun yang dapat diolah 1.092. Margin of error 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sedangkan survei pemetaan jumlah responsden 1.300 yang meliputi pemetaan 78 desa dan kelurahan se Kabupaten Karangasem. 

Lembaga Ganesha Consulting adalah lembaga survei yang membantu pemenangan Masdipa pada Pilkada 2015 dengan mengadakan survei hingga lima kali dan hasilnya akurat. Pada pertanyaan terbuka yakni pertanyaan spontan tanpa pilihan nama, atas pilihan calon bupati responden, calon bupati Mas Sumatri 31 persen, Gde Dana 7.2 persen, Artha Dipa 1.6 persen, Sukarena 0.9 persen dan Sumardi 0.4 persen.

Pada pertanyaan tertutup 6 nama, Mas Sumatri unggul telak 60.9 persen, Gede Dana 18.8 persen, Artha Dipa 5.9 persen, Sumardi 5.5 persen, Purwa Arsana 1.5 persen dan Wayan Suyasa 1.3 persen, tidak me jawab 19.36 persen. Dari 60.9 persen pemilih Mas Sumatri, saat ditanya seberapa yakin akan memilih Mas Sumatri dan tak mengubah pilihan, sangat yakin 8.7 persen dan yakin 60.30 persen.

“Dari 8 kecamatan, Mas Sumatri menang di semua kecamatan dengan prosentase terbesar Karangasem dan Kubu. Menariknya, di Abang Mas Sumatri berhasil mengungguli Gede Dana,” sebutnya memrujuk dari hasil survei Ganesha Consulting tersebut. Dilihat dari survei pemetaan, dari 78 desa dan kelurahan Mas Sumatri unggul di 66 desa/kelurahan, kalah di 6 desa dan berimbang di 6 desa. Ini kata dia, menunjukkan peningkatan pesat elektabiltas Mas Sumatri karena saat Pilkada 2015 hanya unggul di 35 desa.

Dilihat dari basis konstituen parpol pemilik kursi di DPRD Karangasem, Mas Sumatri berhasil meraih suara terbanyak di semua parpol. Pemilih PDI Perjuangan misalnya, Mas Sumatri meraup 16.9 persen sedangkan Gede Dana 15.7 persen; Golkar Mas Sumatri 6 persen dan Gede Dana 1.8 persen; Demokrat Mas Sumatri 2 persen dan Gede Dana 0.4 persen.

 Simulasi 4 kandidat Mas Sumatri 59.6 persen, Dana 17.2 persen, Artha Dipa 5 persen dan Sumardi 5.6 persen, bukan keempatnya 12.6 persen. Simulasi 3 kandidat Mas Sumatri 57.6 persen, Dana 19.0 persen, Artha Dipa 6.9 persen, bukan ketiganya 16.4 persen. Menariknya pada simulasi Head to head, Mas Sumatri 67 persen, Gede Dana 23.4 persen, sisanya tak keduanya.

Survei ini juga mensimulasikan jika Mas Sumatri berpapket dengan Sumardi, Artha Dipa, Sukarena, Pandu Lagosa, Nengah Swadi dan Musna Antara. Semua simulasi dimenangkan oleh Mas Sumatri berhadapan dengan Gede Dana yang disimulasikan berpaket dengan Sumardi, Artha Dipa, Suastika, Darmini dan Sunarta.

“Kemenangan telak Mas Sumatri berkaitan langsung dengan citra positif  pemerintahan Masdipa,” tanndasnya, sembari mengatakan survei mencatat persepsi publik yang sangat baik pada program pemerintah yaitu penanganan pengungsi Gunung Agung, mutu pelayanan mall terpadu, penanganan gepeng, kinerja badan otorita Pura Besakih, mutu layanan birokrasi, pemberantasan buta huruf dan putus sekolah, pelayanan air bersih,  mutu layanan kesehatan dan makan gratis di RS, administrasi kependudukan. Responden memberi catatan pada bidang penanganan galian c, dan program mutasi ASN.nov/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER