Sosialisasi Dilan se-Bali di PN Gianyar

  • 15 Januari 2020
  • 16:15 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 1910 Pengunjung
istimewa

Gianyar, suaradewata.com - Pengadilan Tinggi Denpasar selenggarakan sosialiasi Digital Melayani "Dilan" bagi Kasubag IT, Pranata Komputer dan petugas admin IT seluruh Satker Pengadilan Negeri se-Bali di Pengadilan Negeri Gianyar, Rabu (15/1). Acara sosialisasi yang menghadirkan pembicara Hj. Diah Sulastri Dewi dari Pengadilan Tinggi Tanjung Karang tersebut dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar, Zaid Umar Bosaid.

Dalam kesempatan tersebut Zaid Umar Bobsaid mengatakan jika para admin IT merupakan tulang punggung Pengadilan dalam pelayanan di era revolusi industri 4.0. “Peran para admin IT di masing-masing pengadilan harus terus melakukan inovasi pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan, agar tidak ditinggalkan oleh perubahan,” jelas Ketua PT Denpasar.

Pembicara Hj. Diah Sulastri Dewi dalam kesempatan tersebut menjabarkan tentang inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Tanjung Karang dalam memudahkan pelayanan bagi masyarakat yang berurusan dengan pengadilan di wilayah hukum Lampung. "Dilan merupakan kepanjangan dari Digital Melayani, yang merupakan inovasi pelayanan publik yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan berbasis teknologi informasi,” terang Hakim Tinggi Tanjung Karang ini.

Hj. Diah Sulastri Dewi mempersilahkan kepada seluruh satker pengadilan di Bali untuk mengadopsi inovasi-inovasi yang telah digunakan oleh Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, "Tentunya dengan terlebih dahulu melakukan pengamatan terkait inovasi mana yang cocok untuk diterapkan di Bali dan kemudian dimodifikasi sesuai dengan keperluan dan kebutuhan masing-masing satker pengadilan", terang Diah Sulastri Dewi.

Dan yang lebih penting lagi, terhadap inovasi-inovasi yang telah diterapkan oleh masing-masing satker pengadilan tersebut diperlukan adanya monitoring dan evaluasi oleh sebuah Tim Pokja yang dibentuk oleh ketua pengadilan. Untuk mengawal dan mengawasi inovasi-inovasi tersebut dapat berkesinambungan, selain itu Sulastri Dewi juga menjelaskan terkait invonasi tersebut tidak harus sesuatu yang mahal dan menguras finansial, tetapi cukup dengan inovasi yang sederhana, murah tapi bermanfaat tinggi bagi masyarakat pencari keadilan, tambahnya.

Ketua Pengadilan Negeri Gianyar, Ida Ayu Sri Adriyanthi Astuti Widja setelah acara tersebut mengatakan terima kasih kasih kepada Pengadilan Tinggi Denpasar yang telah memilih Pengadilan Negeri Gianyar sebagai tuan rumah dalam acara sosialisasi Digital Melayani. Beberapa inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Pengadilan Tinggi Tanjung Karang nantinya bisa diadopsi oleh masing-masing satker pengadilan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. “Karena Dilan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas proses pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, mengurangi celah praktek korupsi, kolusi, nepotisme, meningkatkan transparansi pelayanan publik serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan, akses informasi kepada masyarakat semakin cepat dan akurat,” ujar Ketua PN Gianyar yang kerap disapa Dayu Yanthi ini. rls/gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER