Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wantilan Desa Adat Kaliakah Kangin  Siap Dibangun

  • 08 Januari 2020
  • 20:35 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 1985 Pengunjung
istimewa

Jembrana, suaradewata.com - Wakil Bupati Jembrana  I Made Kembang Hartawan  melakukan peletakkan batu pertama pembangunan wantilan Pura Puseh  Desa Adat Kaliakah Kangin, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Pembangunan wantilan Pura Puseh Desa Adat Kaliakah Kangin bersumber dari bantuan provinsi Bali dengan anggaran Rp 700 juta. Rabu  (8/1) 

Peletakan batu pertama itu sekaligus menandai tahap awal pembangunan wantilan yang sudah lama diimpikan krama desa adat setempat. Keberadaan wantilan nanti diharapkan melengkapi bangunan  nista  mandala pura puseh sebagai tempat kegiatan persiapan upacara sekaligus  tempat mesandekan .

Dalam sambutannya, Kembang Hartawan  berharap pembangunan wantilan ini dapat berjalan  dengan baik, selesai tepat waktu serta dapat dipertanggungjawabkan atas anggaran hibah Provinsi Bali. “Setalah wantilan  ini selesai, harapan saya dimanfaatkan dengan baik pula. Manfaat wantilan ini sangat banyak. Tidak hanya digunakan  saat rapat atau paum krama  dan penunjang aktivitas keagamaan lainnya seperti tabuh rah,  lebih jauh keberadaan wantilan juga akan menghidupkan potensi krama desa lainnya. Sebagai contoh sebagai tempat latihan bersenian, tempat penyelenggaraan hiburan atau balih-balihan, juga untuk sosialisasi program adat, maupun fungsi ekonomi lainnya. Bisa juga  untuk  latihan menari, megambel dan masih banyak lagi contoh positif yang bisa dimanfaatkan krama disini dengan terselesaikannya  wantilan nanti,“ ungkapnya.

Lebih lanjut, Wabup Kembang Hartawan mengucapkan  selamat kepada krama warga desa adat setempat  atas terlaksanakannya  tahap awal pembangunan Wantilan Pura Puseh. Pembangunan wantilan yang ditandai dengan peletakan batu pertama ini. Ini bentuk perhatian pemerintah daerah terhadap keberadaan palemahan, pawongan dan parahyangan di Jembrana.  

Sementara  Bendesa Desa Adat Kaliakah Kangin, Putu Suarka menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Bali I Wayan Koster atas bantuan hibah berupa pembangunan wantilan  dari provinsi Bali. Ucapan terimakasih  juga kepada Wabup Kembang Hartawan atas dukungan yang diberikannya serta memanfaatkan relasi serta jaringan  yang dimilikinya cukup intens berkomunikasi dengan Gubernur dan Pemprov Bali, membawa aspirasi warga Kaliakah Kangin  sehingga hibah wantilan  bisa turun. “Kami sampikan terimakasih atas peran dan dukungan Pak Kembang yang memfasilitasi hibah wantilan dari Provinsi Bali. Beliau turut mengawal mulai dari tahap  perencanaan hingga hari ini peletakan batu pertama bisa diselenggarakan. Hasilnya, berkat perjuangan beliau, wantilan yang sudah lama diimpikan krama sebentar lagi bisa terwujud dan semoga rampung tepat waktu agar bisa segera dimanfaatkan karma,” pungkasnya dep/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER