Koster Jatuh Hati pada PNB, Siap Penuhi Undangan

  • 07 Januari 2020
  • 19:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 3196 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com – Setelah menyimak laporan capaian dan rencana pelaksanaan Diagonal Tetra Helix Forum, Gubernur Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M.  langsung jatuh hati kepada Politeknik Negeri Bali (PNB). Bahkan Gubernur Koster berjanji siap hadir memenuhi undangan PNB dalam acara Diagonal Tetra Helix Forum yang akan digelar pada 17 Januari mendatang. Hal itu terungkap saat Tim Politeknik Negeri Bali bertemu dengan Gubernur Koster di rumah jabatan Jaya Sabha, Selasa, (07/01/2020).

Saat bertemu Gubernur Koster yang juga Ketua Dewan Penyantun PNB tersebut Direktur Politeknik Negeri Bali Nyoman Abdi, S.E., M.eCom,  didampingi Wakil Direktur II Drs. Ec Ketut Sukayasa, M.ComAK, Wakil Direktur III I Gusti Ngurah Bagus Catur Bawa, S.T., M.Com., Ketua Program Kerja Sama dan Hubungan Internasional (PKPHI)Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg, Ketua Forum Diagonal Tetra Helix Dr. Ir. I Wayan Jondra, M.Si. menyampaikan berbagai prestasi Dosen, Mahasiswa, alumnus Politeknik beserta kegiatan-kegiatan lainnya.

Direktur Politeknik Negeri Bali menyampaikan laporan, tentang capaian PNB secara kelembagaan, sebagai Perguruan Tinggi Vocasi rangking satu dalam pelaksanaan penelitian terapan dari 43 Politeknik Negeri se Indonesia. PNB menempati ranking 10 dari 1.128 perguruan tinggi yang melaksanakan pendidikan vocasi di seluruh Indonesia. Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) PNB telah menserifikasi sebanyak 3.354 orang, sertifikasi ini dilakukan berdasarkan standar yang di tetapkan dan diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Laboratorium Bahasa PNB sudah mensertifikasi 2.020 orang. Dosen-dosen Politeknik juga telah menorehkan beberbagai prestasi antara lain : (a) Penyaji terbaik Seminar Hasil Penelitian Kompetitif Nasional pada Skema Penlitan terapan 2019 dalam bidang Energi Terbarukan ( Nyoman Suamir SST, Ms, PhD, Jurusan Teknik Mesin); (b) Penyaji terbaik Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Kompetitif Nasional Skema Program Kemitraan Wiayah 2019 dalam bidang konservasi air tanah (Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng,M.Erg, Jurusan Teknik Sipil; (c) Hasil Karya dengan merk Tekep Isolator yang telah dilindungi oleh 8 (delapan) sertifikat Hak Kekayaan Intelektual telah dipakai oleh PLN seluruh Indonesia (Dr. Ir. I Wayan Jondra, M.Si.) dan ratusan sertifikat HKI yang dimiliki oleh Dosen Politeknik Negeri. Berbagai prestasi Mahasiswa juga telah dilaporkan kepada Gubernur sebagai Dewan Penyantun PNB. Pada kesempatan tersebut Jondra siap mendukung Gubernur Bali dalam membantu proses sertifikasi HKI terhadap hasil-hasil karya masyarakat Bali, karena PNB telah memiliki pusat pelayanan HKI. Prof Lilik juga menyampaikan bahwa saat ini Bali secara kuantitatif, debit air permukaan masih lebih besar dr kebutuhan, hanya perlu manajemen pengelolaan yg terintegrasi dan berkelanjutan”, Cuma hal ini perlu dikaji lebih mendalam untuk mendapatkan data yang lebih detail untuk pengelolaan Sumber daya Air di Bali. PNB juga sedang melakukan survey topography terhadap sebelas sumber mata air di Pesaban, yang akan dipersiapkan menjadi Living Museum Subak. Menanggapi hal ini Gubernur Koster menanggapi dengan sumringah dan mengajak PNB untuk bekerja sama dalam membuat peta sumber daya air di Bali.

Pada kesempatan tersebut juga telah disampaikan aktivitas PNB dalam menunjang pembangunan Bali. PNB dalam melakukan kegiatan penelitan dan pengabdian kepada masyarakat selalu dilakukan dengan sungguh-sungguh dan mampu diterapkan oleh masyarakat untuk mencapai kesejahteraannya. Berbagai Bumdes, desa wisata, desa-desa yang memiliki potensi ekonomi telah menjadi sasaran Politeknik Negeri Bali. Infrastruktur juga menjadi sasaran PNB seperti membangun 43 sumur pemanen air hujan domestik dengan kedalaman 4 sampai dengan 6 meter, serta 4 sumur dengan kedalaman 32 meter; pembangunan turbin PLTA Tukad Bindu; pembuatan mesin teknologi tepat guna seperti : handycraft, alat sortasi kopi, dan pembuat arak Bali. Prestasi kerja sama luar Negeri juga tidak luput dari laporan ini. Masih banyak prestasi kami yang lain yang belum sempat kami laporkan kepada Bapak Gubernur mengingat terbatasnya waktu, demikian pungkas Direktur PNB.

Dalam sesi berikutnya Ketua PKPHI melaporkan permasalahan yang terjadi dengan belum sepenuhnya terjalin link and match antara dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dengan institusi pendidikan, mengakibatkan banyaknya pengangguran dari pendidikan yang tidak kompeten. Tidak kompetennya lulusan ini karena kompetensinya tidak mampu memenuhi kompetensi yang dibutuhkan oleh DUDI. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut PNB akan melaksanakan Diagonal Tetra Helix Forum. Forum yang rencananya dihadiri oleh Menteri Pendididikan dan Kebudayaan ini, merupakan forum bertemu dan berinteraksinya empat komponen besar antara lain : PNB, Pemerintah Daerah, Dunia Usaha dan Dunia Industri, serta tokoh masyarakat, untuk menyatukan komitmen untuk berkontribusi secara aktif dalam membangun sumber daya manusia (SDM) unggul untuk Indonesia Maju berbasis Green Tourism. Tim PNB mengharapkan kehadiran dan kontribusi Gubernur Bali dalam kegiatan ini demi pembangunan SDM Bali.

Menyimak pemaparan yang disampaikan oleh tim PNB tersebut, Gubernur sangat antusias yang berjanji akan hadir guna memenuhi undangan PNB dalam kegiatan tersebut. Pada kesempatan tersebut Gubernur juga mendorong jajarannya untuk melakukan kerjasama dengan PNB dalam berbagai hal untuk mendorong kemajuan perekonomian Bali. Gubernur Bali juga mengharapkan kerja sama Politeknik Negeri Bali untuk membantu Pemprov Bali dalam menanggulangi permasalahan sampah dan pengelolaan sumber daya air. Pertemuan yang hangat dan penuh kekeluargaan ditutup dengan sesi foto bersama. rls/red

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER