Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tahun Baru, Viral Sampah di Kebun Raya dan Shortcut

  • 04 Januari 2020
  • 19:55 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1330 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com  - Beberapa foto yang menampilkan kawasan Kebun Raya Eka Karya Bali di Bedugul dan Shortcut III dan IV Denpasar-Singaraja dipenuhi sampah nampak bersliweran di media sosial beberapa hari belakangan ini. 

Berdasarkan pantauan di lapangan tumpukan sampah terpantau di Kebun Raya Eka Karya Bali atau Kebun Raya Bedugul. Kebun Raya Bedugul sendiri termasuk destinasi wisata favorit saat akhir tahun kemarin sehingga kunjungan membludak.

Terkait hal tersebut, Humas Kebun Raya Bedugul, Ngurah Dedi menyampaikan bahwa jumlah kunjungan ke Kebun Raya Bedugul memang cukup tinggi saat akhir tahun hingga awal tahun. Dan dengan meningkatnya kunjungan sudah barang tentu sampah yang dihasilkan juga bertambah sehingga pihaknya telah menyiapkan 2 kelompok petugas pemungut sampah. "Jadi ada yang bertugas pagi dan sore untuk membersihkan sampah. Tempat sampah juga sudah kami siapkan. Yang jelas kami kembali bekerja tanggal 2 Januari 2020 kawasan Kebun Raya sudah bersih kembali," tegasnya.

Untuk menjaga kebersihan,  pengunjung yang datang dengan rombongan juga diberikan tempat sampah plastik untuk menampung sampahnya masing-masing. Sedangkan pada musim liburan pengunjung yang datang bukan hanya rombongan saja namun banyak pengunjung umum.

"Jadi masih perlu edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, jangan sampai berfikir karena bayar tiket masuk jadi bebas buang sampah, kebersihan harus dijaga bersama," imbuhnya.

Ia menyebutkan Kebun Raya Eka Karya Bali selama ini sudah mengolah sampahnya sendiri yakni sampah organik diolah menjadi kompos dan sampah plastik diolah menggunakan alat khusus.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER