Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Nasdem Mantap Usung Turah Panji Maju Pilkada Tabanan

  • 31 Desember 2019
  • 12:15 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2056 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com – Meski pilkada Tabanan baru digelar 23 September 2020 mendatang, namun suhu politik di Tabanan mulai menghangat. Pasalnya siapapun jago yang akan diusung PDIP diyakini akan mendapatkan lawan yang tangguh dari partai koalisi dalam perebutan kekuasaan di Tabanan. Adalah tokoh Puri Anom Tabanan, I Gusti Ngurah Panji Astika yang hampir dipastikan akan siap melawan jago dari PDIP dalam pilkada nanti. Hal ini setelah DPD Partai Nasdem Kabupaten Tabanan dan Partai Golkar Tabanan memberikan sinyal, akan all out mendukung Turah Panji untuk bertarung melawan jago dari PDIP.

Dukungan partai Nasdem kepada Turah Panji sapaan akrab I Gusti Ngurah Panji Astika, diungkapkan sekretaris Partai Nasdem I Made Putrayadi yang juga ketua panitia penjaringan dan verifikasi calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan dari partai Nasdem, Selasa, (31/12/2019). Menurut Putrayadi dukungan partai Nasdem terhadap Turah Panji adalah hasil rapat Pengurus DPD dan DPC Partai Nasdem yang digelar di kantor Nasdem di Sanggulan Kediri Tabanan, Senin, (30/12/2019) malam. “Dalam rapat itu dihadiri oleh pengurus DPD, DPC kecuali DPC Selemadeg Timurt, Tengah dan Barat yang berhalangan hadir, yang pada intinya kami sepakat untuk pengusung Turah Panji maju dalam Pilkada Tabanan 2020 nanti,” bebernya.

Alasan mendukung Turah Panji, seperti diungkapkan Putrayadi lantaran belakangan ini nama sosok tokoh Puri Anom Tabanan tersebut mulai menguat, disamping itu dalam proses penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan yang digelar partai Nasdem, Turah Panji dari segi persyaratan administrasinya paling lengkap dan paling sempurna. “Dalam proses penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, berkas administrasi yang diserahkan Panji Astika kepada kami paling lengkap, dan dari pantauan kami belakangan nama beliau terus menguat sehingga layak kita beri kesempatan bertarung dalam Pilkada mendatang” tegasnya.

Hanya saja untuk calon wakilnya masih digodok dan dikomunikasikan dengan partai koalisi nantinya. Untuk nama wakil sedang kami godok dan komunikasikan dengan partai koalisi nantinya, target kami akhir Januari 2020 sudah bisa fix,” ucap Putrayadi.

Sebelum Nasdem, Turah Panji juga mendapatkan sinyal akan diusung partai Golkar untuk menandingi jago dari PDIP yang akan manju dalam pilkada Tabanan 2020. Disatu sisi di PDIP sendiri proses penjaringan calon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan saat ini tengah berproses, disana ada nama-nama kader PDIP yang diprediksi memiliki kans diusung PDIP seperti I Komang Gede Sanjaya (Wakil Bupati Tabanan yang juga Ketua DPC PDIP Tabanan) ada juga I Ketut Suryadi Boping (Mantan Ketua DPRD Tabanan yang kini duduk sebagai anggota DPRD Bali), dan nama kader-kader PDIP yang lainnya.

Seperti diketahui komposisi perolehan kursi di DPRD Tabanan, dari 40 kursi yang ada PDIP menguasai 28 kursi, Golkar 5 kursi, Nasdem 3 kursi, Gerindra 3 kursi, dan Demokrat 1 kursi. Sesuai dengan undang-undang pilkada bahwa partai politik atau gabungan partai politik yang bisa mengusung calon harus memiliki 20% kursi (8 kursi) di DPRD Kabupaten Tabanan. Dengan demikian hanya PDIP yang bisa mengusung calonnya sendiri, sedangkan partai lain harus berkoalisi itupun wajib didukung partai Golkar yang mengantongi 5 kursi di DPRD Tabanan.

Sejauh ini, dari pantauan www.suaradewata.com, beberapa bulan terakhir nama Turah Panji mulai menguat untuk bertarung dalam pilkada Tabanan, bahkan dalam beberapa polling yang digelar media online, salah satunya suaradewata.com, nama Turah Panji cukup popular dan mendapatkan dukung yang signifikan sebagai calon Bupati Tabanan 2020 mendatang. tim


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER