Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Polling Turah Panji Sempat Salip, Wabup Sanjaya

  • 23 Desember 2019
  • 15:30 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1550 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Nama Tokoh Puri Anom Tabanan, AA. Ngurah Panji Astika rupanya tidak bisa dianggap remeh, termasuk dalam perhelatan Pilkada Tabanan 2020 mendatang. Terbukti, dalam polling di salah satu media online Tabanan, popularitas Turah Panji sapaan akrab AA. Ngurah Panji Astika, sempat menyalip tokoh besar sekelas Wakil Bupati Tabanan, Komang Sanjaya.

Sesuai undang-undang Pilkada di Tabanan baru akan digelar 23 September 2020 mendatang, namun berbagai media online sudah mencoba membuat polling untuk calon pemimpin di kabupaten yang menjadi penyangga sumber air Bali tersebut. Beberapa nama mulai dari petahana, pengusaha, anggota dewan, elite parpol, dosen dan tokoh lainnya digadang-gadang akan turut bertarung sekalipun belum ada rekomendasi dari partai pengusung.

Salah satu media online yang berbasis di Kabupaten Tabanan, yakni www.suaradewata.com sebenarnya sudah sejak beberapa bulan lalu sudah membuat polling, namun belakangan munculnya nama Turah Panji mulai menguat untuk menandingi kandidat lainnya. Sehingga media online terpikat untuk memasukkan Turah Panji dalam salah satu tokoh yang masuk dalam polling, hasilnya cukup mengejutkan. Belum lama masuknya Ketua Umum Pelestari Budaya Tabanan, AA. Ngurah Panji Astika, ST. dalam bursa polling, popularitasnya langsung melesat.  Bahkan perolehan pollingnya sempat mengalahkan tokoh-tokoh lainnya termasuk Wabup I Komang Gede Sanjaya yang digadang-gadang oleh PDIP Tabanan.

Dalam polling tgl 20 Desember 2019, pria murah senyum tersebut menempati perolehan tinggi mendahului beberapa tokoh terkenal lainnya seperti Wakil Bupati Tabanan, Komang Gede Sanjaya, Gede Made Deddy Pratama, Ketut "Boping" Suryadi, Wayan Sukaja dan I Made Urip. Turah Panji nama panggilan akrabnya meraup 26 % dari 3.756 suara yang masuk walau paling terakhir ikut polling. Sementara Komang Sanjaya pasangan Bupati Tabanan, Eka Wiryastuti tersebut hanya menuai 13% suara sedangkan anggota DPRD Tabanan, Gede Made Dedy Pratama memperoleh 25% suara. Keikutsertaan pengurus Paiketan Puri Sejebag Bali ini hanya selisih 2 bulan namun berhasil melesat menyalip Wakil Bupati Tabanan dalam 3 hari polling.

Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa, Ketua Umum Sabha Yowana Pratisentana Ida Bhetara Sira Arya Kenceng tersebut cukup dikenal oleh publik dan memiliki banyak teman dan relasi di kalangan profesional, anak muda, seniman dan masyarakat luas. Sekalipun ia memiliki "darah biru" karena lahir di Puri Anom Tabanan namun sifat dan karakternya mudah bergaul, egaliter dan sangat merakyat. Terbukti saat pria yang juga aktif di berbagai organisasi seperti Garda Tipikor Tabanan, Puskor Hindunesia, Forum Silaturahmi Keraton Nusantara Wilayah Bali ini begitu akrab dan ramah saat mengunjungi masyarakat dari berbagai kalangan. Tokoh yang memiliki seorang puteri dan 2 orang putera tersebut berdialog dengan para pedagang Jumat, (20/12/2019) di Pasar Tabanan, petani dan anak-anak SD di Mambang, Desa Bantas Kec. Selemadeg Timur serta bercengkrama dengan nelayan di pantai Yeh Gangga sembari menampung keluh-kesah dan memberikan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi saat ini.

Sosok bersahaja yang juga Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Wilayah Tabanan ini layak menjadi calon pemimpin di daerah yang disebut sebagai kabupaten lumbung berasnya Bali. Suami yang mendapatkan semangat dan dukungan dari istrinya, AA Sagung Mas Dewi Rahmayani, SE tersebut memegang teguh keyakinan akan mampu memajukan potensi besar dunia pertanian yang selama ini stagnan dan belum tergarap secara optimal. Ia juga telah peduli dan berbuat banyak dalam upaya melestarikan adat serta budaya dengan beragam aktivitas seni mulai dari Lomba Tari dan Barong Bangkung dan pameran-pameran keris dan batu akik. adv/red


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER