Melalui Festival Desa Adat Perkuat Benteng Adat dan Budaya

  • 14 Desember 2019
  • 21:30 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2531 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati membuka Belayu Festival ke-2, di Wantilan Desa Adat Belayu, Kecamatan Marga, Tabanan, Jumat (13/12) malam.

Dalam sambutannya, pelaksanaan festival merupakan momentum yang sangat baik menunjukkan jati diri dan potensi yang dimiliki.

"Ini merupakan kesempatan terbaik untuk mempromosikan destinasi yang dimiliki, sekaligus kesempatan untuk mengucapkan rasa syukur kepada Hyang pencipta, lingkungan dan sesama," ungkap Cok Ace.

Lanjutnya, berbagai bantuan yang diberikan kepada Desa Adat dan Desa Dinas yang dapat dialokasikan untuk menunjang kegiatan seperti ini. Ia pun berharap Belayu Festival 2 Tahun 2019 mampu merepresentasikan kekayaan khasanah budaya Kabupaten Tabanan.

"Ini untuk seluruh lapisan masyarakat, bukan hanya oleh masyarakat Tabanan, tetapi juga oleh masyarakat dunia," imbuhnya.

Dikatakannya, pelaksanaan festival seni dan budaya seperti ini yang di laksanakan selama tiga hari kedepan merupakan kegiatan yang sangat strategis di era globalisasi dalam kerangka pembentukan karakter dan jati diri masyarakat Bali.  

Festival ini, menurutnya untuk semua generasi khususnya bagi masyarakat Belayu untuk selalu percaya seni dan budaya yang dimilikinya. 

Penyelenggaraan Belayu Festival 2 Tahun 2019 ini memiliki tujuan untuk menyediakan ruang bagi para seniman dan masyarakat yang ada di Desa Belayu dalam meningkatkan kesejahteraannya, memberikan kontribusi terhadap kemajuan Bali khususnya dibidang seni dan budaya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Belayu Festival 2 I Gusti Ngurah Bagus suryaningrat berharap festival ini mampu menularkan karya-karyanya secara meregenerasi, serta mampu menjaga kearifan lokal yang ada.

"Harapan ini tetap jadi agenda rutin tahunan. Kegiatan Belayu Festival 2 ini mengangkat tema sewana yakni memberikan pelayanan terbaik terhadap sesama," demikian IGN Bagus Suryaningrat.mot/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER