Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Puri Anom Tabanan Gelar Screening Kanker Payudara

  • 14 Desember 2019
  • 18:40 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2471 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Puri Anom Tabanan bekerjasama dengan Bali Pink Ribbon Foundation, Flash Charity Bali dan RS Prima Medika menggelar kegiatan sosial berupa pemeriksaan kanker payudara dan sosialisasi terhadap ratusan ibu-ibu di seputaran Kota Tabanan, Sabtu (14/12/2019).

Kegiatan itu pun disambut antusias para peserta yang terdiri dari 250 ibu-ibu dari seputaran Kota Tabanan hingga ibu-ibu yang bekerja di Pasar Tabanan. Disamping itu kegiatan menyasar ibu-ibu dari keluarga kurang mampu. Dan usai melakukam pengecekan peserta pun dapat beras 5 kilogram untuk dibawa pulang.

Salah satu relawan Flash Charity Bali, Melly St. Ange, menyampaikan bahwa saat ini kesadaran masyarakat Bali khususnya mengenai kanker payudara masih relatif rendah. Hal ini dibuktikan bahwa sebagian besar perempuan yang mengunjungi dokter sudah menderita kanker payudara dalam stadium lanjut ( III dan IV ), dimana sebagian besar dari mereka adalah perempuan usia produktif. 

Padahal upaya melawan kanker payudara akan bermanfaat apabila dilakukan sedini mungkin, baik melalui metode deteksi dini maupun skrining seperti yang dilaksanakan di Puri Anom Tabanan ini dengan tema kegiatan Breast Cancer Awareness. "Acara ini diikuti secara antusias oleh 260 ibu-ibu di Kota Tabanan dan dibantu oleh Tim Medis dari RS. Prima Medika Denpasar," ujarnya.

Jika dalam pemeriksaan hari ini ditemukan ada yang mengidap benjolan atau gejala terkena kanker payudara maka akan diberikan voucher pengobatan lanjutan ke RS. Prima Medika secara gratis. Kanker payudara adalah kanker terbanyak pada perempuan di dunia, termasuk di Indonesia. Di Amerika Serikat kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua setelah kanker paru dan merupakan penyebab utama kematian pada wanita usia 40 sampai 45 tahun. Insiden kanker payudara diseluruh dunia cenderung menetap atau sedikit meningkat. Dan melalui kegiatan tersebut yang diselenggarakan di berbagai  kabupaten/kota, angka penderita kanker payudara cenderung menurun.

Sementara itu Anak Agung Ngurah Panji Astika mengatakan Puri Anom Tabanan dengan Forum Pelestari Budaya Tabanan sangat concern dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial dan budaya. "Kami bekerja sama dengan berbagai institusi serta organisasi dalam gerkan memajukan kebudayaan serta kesejahteraan masyarakat. Khususnya hari ini, kami berkolaborasi dengan Flash Charity sebuah organisasi nirlaba yang khusus bergerak di kegiatan pencegahan serta pendeteksian awal kanker payudara," tegasnta.

Disamping itu juga di support oleh RS Prima Medika dengan mengirimkan tenaga medis dan para dokter, Pink Ribbon Community dan juga bantuan dari Rindam dan Koramil Kota Tabanan. Kegiatan juga dipersiapkan oleh anak-anak anggota Forum Pelestari Budaya Tabanan bekerja sama dengan generasi muda di Tabanan.

"Semoga kedepan kami anak-anak muda Tabanan selalu bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif untuk mempromosikan GEMA TANTRA yakni Gerakan Masyarakat Sehat dan Sejahtera," pungkasnya.ayu/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER