Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Wabup Suiasa Mendem Pedagingan di Pelinggih BUMDes Desa Baha

  • 08 Desember 2019
  • 21:50 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2201 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Bertepatan dengan Hari Suci Saraswati, Sabtu (07/12/2019), Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Karya Nyatur Rebah lan Mapadudusan Kantor Desa Baha dan Upacara Pemelaspasan lan Mendem Pedagingan Pelinggih di Gedung Kantor BUMDes Desa Baha. Pada kesempatan itu, Wabup. Suiasa yang didampingi anggota DPR RI, IGN Kesuma Kelakan mendem pedagingan di pelinggih Kantor BUMDes.

Wabup. Suiasa dalam sambutannya menyambut baik karya yang dilaksanakan di Kantor Desa Baha ini terlebih telah mampu dibangunnya gedung kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Diharapkan dengan terbangunnya BUMDes ini, akan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat dengan menggali potensi usaha sehingga memberikan dampak positif bagi pendapatan asli desa dan tentunya bagi kesejahteraan masyarakat khususnya di Desa Baha. Dibagian lainnya, Suiasa juga mengharapkan masyarakat di Desa Baha ikut mendukung program Pemkab Badung dalam penanganan sampah salah satunya melalui kegiatan Gertak Badung Bersih. Pihak Desa Baha juga diminta dapat membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu 3 R, dimana sampah dapat ditangani langsung di tempatnya.

“Sehingga program Badung Mandiri Pengelolaan Sampah di tahun 2021 segara dapat terwujud,” ujar Suiasa.

Perbekel Baha I Wayan Rusih didampingi Ketua Panitia Karya, I Made Suendi mengatakan, pembangunan fisik yang telah dilaksanakan bersumber dari dana Desa dengan biaya Rp. 693 juta, sedangkan untuk upakara menghabiskan Rp. 376 juta dari dana APBDes. Dijelaskan, Karya Nyatur Rebah Mapadudusan di Kantor Desa Baha dengan sarana upakara bebangkit lima soroh, pulagembal lan caru yang dipuput oleh Ida Pedanda Gria Magelung, Banjar Bedil, Desa Baha.

“Sementara upacara Pemelaspasan lan Mendem Pedagingan Pelinggih di Gedung Kantor BUMDes Ayu Bagia, Desa Baha, (berupa bangunan dan pelinggih baru) dengan upakara bebangkit lima soroh pulagembal lan Rsi Gana yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Batulumbang Manuaba, Desa Baha,” jelas Wayan Rusih. 

Karya tersebut juga dihadiri Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, perwakilan dari Dinas Kebudayaan, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, Ketua Forum Perbekel Kabupaten Badung, Ketua Forum Perbekel dan Lurah se-kecamatan Mengwi, Bendesa Adat Baha I Made Ngastawa, Bendesa Adat Cengkok I Made Puspa, Kelihan Adat dan Dinas serta tokoh masyarakat desa setempat.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER