Persembahyangan Hari Saraswati, Wabup Suiasa : Jadikan Ilmu Pengetahuan Sebagai Pedoman Hidup

  • 08 Desember 2019
  • 21:30 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1614 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengajak para generasi muda serta para insan yang sedang menuntut ilmu dapat menjadikan ilmu pengetahuan sebagai pedoman hidup. 

"Semangat sinar suci Sang Hyang Aji Saraswati sebagi manifestasi ilmu pengetahuan harus selalu kita gelorakan, karena dengan ilmu pengetahuan kita dapat  melaksanakan sesuatu lebih bijak dan bijaksana untuk nusa dan bangsa," kata Suiasa usai melaksanakan persembahyangan Hari Raya Saraswati di Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Sabtu (07/12/2019).

Persembahyangan juga diikuti oleh Ny. Kristiani Suiasa, Sekab. Badung I Wayan Adi Arnawa beserta Ny. Rasniathi Adi Arnawa, jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung serta lapisan masyarakat dan para pelajar. Lebih lanjut dikatakan Hari Saraswati merupakan hari suci yang sangat mulia yang ditanamkan di lubuk hati sanubari seluruh lapisan masyarakat yang beragama Hindu terlebih lagi bagi anak-anak yang tahap hidupnya menuntut ilmu. Karena Hari Saraswati merupakan hari turunnya ilmu pengetahuan yang menjadikan generasi muda se-dharma lebih bersemangat untuk memacu dan membangkitkan gairah dalam rangka menuntut ilmu serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan.

Diharapkan kepada umat se-dharma dan generasi muda khususnya agar selalu sadar bahwa saat masih muda merupakan masa menuntut ilmu (brahmacari), untuk tidak pernah berhenti mencari dan mengasah dirinya dengan ilmu pengetahuan.

"Hidup tanpa pengetahuan seperti meniti jalan dalam kegelapan, maka dengan ilmu pengetahuan kita dapat menghilangkan kegelisahan, keraguan, ketidakpastian dari kegelapan bahkan menghilangkan kebodohan dan kemiskinan, hal ini sesuai dengan tujuan Nasional yang tercantum dalam UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa," tegasnya.

Persembahyangan Hari Saraswati yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Dangin Manuaba dari Griya Carangsari Petang ini diawali dengan Darma Wecana oleh I Gusti Ayu Arya Utamiyani Subamia yang merupakan juara 1 Darmawacana remaja tingkat provinsi Bali 2019 dan akan mewakili Bali di tingkat nasional tahun 2020.ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER