Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Tersangkut Jaring Nelayan Jawa, Puluhan Jaring Nelayan Soka Rusak

  • 05 Desember 2019
  • 17:45 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2555 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com  - Jaring lobster nelayan di Pantai Soka, Banjar Soka Kelod, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Tabanan, rusak setelah tersangkut jaring apung yang dipasang oleh nelayan dari Jawa Timur. 

Menurut Ketua Nelayan KUB Sari Soka Segara, I Made Sukarba peristiwa itu diketahui Rabu (4/12/2019) saat  sejumlah nelayan yang merupakan anggota KUB Sari Soka Segara hendak mengangkat jaring lobster di Pantai Soka sekitar pukul 06.30 Wita. 

Ketika itu nelayan melihat ada sebuah jukung besar yang sedang mengangkat jaring apung, dan setelah dicek ternyata jaring lobster milik sejumlah nelayan rusak akibat pelampung jaringnya tersangkut pada jaring apung yang ditarik oleh jukung besar tersebut.

Usut punya usut jukung besar yang dinahkodai seorang nelayan dari Muncar, Jawa Timur itu memasang jaring apung terlalu kepinggir sehingga mengenai zona pemasangan jaring lobster para nelayan Pantai Soka. "Hal itu membuat jaring lobster nelayan rusak karena pelampungnya putus diseret jaring apung nelayan itu, ada juga jaring lobster yang hanyud karena pelampungnya hilang," ujarnya.

Ia menyebutkan total ada 31 set jaring lobster milik 9 orang nelayan yang rusak. Nelayan dari Muncar, Jawa Timur itu pun kemudian diajak untuk bicara meskipun sebelumnya oknum nelayan itu sempat lari dan tidak mau menepi. 

"Bersama Satpol Air Polres Tabanan, nelayan itu ngaku mangkal di Kedonganan dan mau mmmenyelesaikan permasalahan itu secara kekeluargaan. Ia pun menyanggupi untuk membayar kerugian nelayan yang ia sebabkan sebesar Rp 9,2 Juta, langsung ditransfer sama istrinya dari Jawa," paparnya.

Ia pun berharap kedepannya tidak ada lagi kejadian serupa karena dapat merugikan semua pihak.ayu/sar

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER