Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Songsong Tahapan Pilkada 2020, KPU Karangasem Gelar Media Gathering

  • 18 Oktober 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2454 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Memantapkan persiapan pemilukada Karangasem 2020, KPU Karangasem, Jumat (18/10/2019) menggelar Media Gathering dengan pemaparan persiapan dan evaluasi pelaksanaan Pemilu lalu. Menjelang pelaksanaan Pilkada September 2020 mendatang, Ketua KPU Karangasem, I Gede Krisna Adiwidana, kepada awak media kemarin menegaskan jika pihaknya saat ini tengah melakukan kegiatan verifikasi DPK pemilu sebelumnya, karena dari hasil penelitian yang dilakukan pihaknya ternyata didalam DPK tersebut ada pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT. 

Untuk sosialisasi pelaksanaan Pilkada mendatang pihaknya akan bekerjasama dengan media termasuk dengan Orari dan RAPI.  Selain sosialisasi melalui media massa, peran dari Orari dan RAPI sangat besar,  karena penyebarluasan informasi dilokasi Blank Spot atau wilayah tanpa signal atau jaringan seluler, hanya bisa dilakukan dengan menggunakan pesawat radio HT.

"Kami belajar saat terjadi erupsi Gunung Agung beberapa waktu lalu,  peran Orari dan RAPI sangat besar, bahkan saat itu masyarakat banyak yang membeli pesawat radio untuk mendengarkan informasi perkembangan Gunung Agung," bebernya. Nah pihaknya akan melibatkan Orari dan RAPI sebagai media sosialisasi pelaksanaan Pilkada. 

Komisioner Divisi Sosialisasi, KPU Karangasem, Desy Natalia, menyebutkan tingkat partisipasi pemilih sudah meningkatkan yakni sebanyak 80 persen jika dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya.  Dan saat ini pihaknya ditargetkan untuk mendongkrak tingkat partisipasi pemilih sebanyak 85 persen.  "Kami akan meminta bantuan media dalam mensosialisasikan tahapan Pilkada 2020 mendatang,"  tegasnya.  Ini menurutnya sangat penting, melihat pengaruh dan peran media yang sangat besar. 

Sosialisasi akan dimulai pada tanggal 1 November 2019, ditandai dengan pemasangan baliho sosialisasi. Untuk calon perseorangan akan dimulai pada 11 Desember 2019 mendatang, sedangkan untuk pendaftaran pasangan calon dimulai pada tanggal 16-18 Juni 2020. "Penetapan calon bupati /wakil bupati dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2020, dan pengungsian nomor urut dilakukan pada 9 Juli 2020," ungkapnya.nov/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER