5 Tempat Kuliner Legendaris di Semarang yang Wajib Kamu Coba

  • 21 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Nasional
  • Dibaca: 2492 Pengunjung
istimewa

Suaradewata.com - Dikenal dengan kota lumpia, Semarang menyimpan banyak kuliner yang wajib kamu coba. Berikut 5 rekomendasi jajanan di Ibukota Jawa Tengah ini.Semarang memang sangat terkenal dengan kuliner lumpianya. Namun, masih banyak kuliner khas ibukota Jawa Tengah ini yang bisa dicoba selain lumpia. Bukan puluhan, bahkan ada ratusan ragam kuliner yang siap memanjakan lidahmu. Beberapa di antaranya adalah kuliner warisan yang sudah ada sejak puluhan tahun. Tidak sedikit kuliner yang memang sudah ada sejak zaman penjajahan, loh.

Buat kamu yang ingin liburan santai bersama keluarga, berkunjung ke Semarang bisa jadi pilihan tepat. Tiket pesawat ke semarang mudah dicari lewat online travel agent (OTA) seperti Traveloka. Harganya relatif murah kalau kamu dapat promo menarik yang bisa dipakai untuk semua anggota keluarga. Jika sudah dapat jadwal pesawat yang cocok, tinggal pesan penginapan dan coba kulineran dengan berbagai menu khas berikut ini.

1. Mie Sang Kie

Kalau sudah di Semarang, kuliner legendaris yang satu ini jangan sampai ketinggalan untuk dicicipi. Terletak di Gang Lombok, Mie Sang Kie sudah ada sejak zaman kolonial dan masih ramai sampai sekarang. Ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu coba, tapi yang paling banyak dipesan adalah Mi Godog atau mie rebus. Menu favorit ini berisi mi, potongan telur dadar, dan kekian. Semua topping itu diselimuti oleh kuah kaldu hangat yang sangat nikmat. Wah, bayanginnya aja bikin ngiler, deh!

2. Gulai Kambing Bustaman

Kamu pecinta makanan bersantan? Jangan lewatkan Gulai Kambing Bustaman yang sudah buka sejak 1969. Kamu bisa menemukan gulai buatan Pak Sabar ini di Kawasan Kota Lama, tepatnya di belakang Gereja Blenduk. Ciri khas dari Gulai Kambing Bustaman adalah kuahnya agak encer dengan tetap mempertahankan rasa gurihnya. Racikan tersebut dipadukan dengan potongan jeroan yang memperkaya cita rasanya.

Satu porsi Gulai Kambing Bustaman ini cukup besar. Kalau tidak yakin bisa menghabiskannya sendiri saat melirik meja pelanggan lain, cukup pesan satu untuk dinikmati berdua. Agar lebih lezat, kamu bisa menambahkan air perasan jeruk nipis dan irisan bawang merah mentah ke dalam kuah gulai.

3. Bakmi Jawa Pak Ateng

Semarang juga dikenal dengan olahan kuliner mi yang sangat menggugah selera. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Bakmi Jawa Pak Ateng. Nah, kuliner ini terkenal sebagai salah satu kuliner legendaris. Jadi, jangan heran kalau antreannya cukup panjang. Konsistensi rasa yang dipertahankan dari tahun ke tahun menjadi daya tarik wisatawan untuk mencicipinya.

Kuah Bakmi Jawa Pak Ateng berasa dari kaldu ayam kampung yang dimasak menggunakan anglo atau kompor tradisional. Satu porsi mi disajikan dengan suwiran ayam kampung, telur, dan sayuran.

4. Ayam Goreng Pakne Heksa

Ayam goreng ‘kan ada di mana-mana? Eits, Ayam Goreng Pakne Heksa ini spesial karena ada kriukan atau serundeng yang menjadi ciri khas. Rasa ayamnya yang gurih, bumbu rempah sangat meresap, dan tekstur daging lembut membuat banyak orang selalu ingin kembali untuk menyantapnya saat berkunjung ke Semarang. Bukan hanya itu, ada juga menu ayam goreng pedas yang kadar kepedasannya bisa diatur sesuai dengan cita rasa lidahmu. 

5. Nasi Gandul Pak Memed

Apa itu nasi gandul dan apa perbedaan dengan nasi biasa? Pada dasarnya nasi gandul adalah nasi putih biasa yang disajikan memakai mangkuk daun pisang. Ada campuran bumbu lezat yang akan disiram di atas nasi. Tambahan daging, jeroan sapi, dan telur ayam bisa kamu pilih sebagai tambahan lauk. Sensasi tradisional akan semakin terasa bila memakai suru atau sendok yang terbuat dari daun pisang. Hmm, pasti penasaran untuk langsung mencoba makan dengan alat makan yang terbuat dari daun pisangnya!

Nah, buat kamu yang ingin menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman untuk kulineran, bisa banget datang ke Semarang. Yuk, jelajahi kuliner legendaris dan rasakan cita rasanya yang khas!


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER