GTT Akan Ditambah Untuk Menutupi Kekurangan Guru

  • 20 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 4586 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com – Kegiatan belajar mengajar di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) diperlukan seorang guru yang bermutu. Akhir tahun 2019 dipastikan 300 guru pensiun sehingga di Kabupaten Gianyar kekurangan guru ASN. Untuk mengatasi hal tersebut, Kadisdik Kabupaten Gianyar, I Wayan Sadra, Selasa (20/8) mengaku akan mengajukan 200 guru tidak tetap (GTT) tahun 2020 mendatang.

Kategori guru yang pensiun pada akhir tahun ini, pria asli Klungkung itu menyampaikan terdiri atas Guru SD dan SMP yang tersebar di Gianyar. Mulai dari guru Olahraga, Agama, dan guru kelas lainnya. “Karena tahun ini banyak guru yang pensiun, solusinya kita akan mengajukan dan mengangkat guru tidak tetap pada tahun 2020 nanti. Di samping pada tahun ajaran baru sudah ada pengangkatan sebanyak 302 guru hasil seleksi CPNS tahun lalu, tapi masih kurang,” ujar Sadra.

Kekurangannya itu pun dengan lokasi yang merata, namun yang paling signifikan kurang ada di wilayah Gianyar bagian atas atau di sekolah yang ada di pedesaan.  Yaitu mulai dari dua hingga tiga guru, sedangkan di daerah perkotaan setiap sekolah kurangnya rata-rata satu guru.  Disinggung penyebabnya ia mengatakan memang lulusan dan tenaga lokal di daerah tersebut minim, sehingga sulit disesuaikan.

“Saat ditanya ke sekolah, bagaimana dengan gurunya? ketika dijawab pas saja sudah syukur. Makanya solusi yang kita ambil melalui GTT, dan ada juga melalui tenaga pengabdi atau honorer. GTT ini yang digaji melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), sedangkan honorer digaji melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS),” tandasnya.

Sadra menambahkan saat ini di Kabupaten Gianyar secara keseluruhan terdapat 281 sekolah dasar dan 23 SMP Negeri. Dengan ratusan sekolah tersebut sudah dipastikan tenaga pendidik yang ada masing ada yang bolong-bolong. Sehingga pada tahun 2020 mendatang ia menegaskan sebanyak 200 guru akan direkrut dijadikan GTT untuk ditempatkan pada SD dan SMP yang ada.gus/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER