Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Penutupan Pameran Industri dan Dagang Karangasem, Bupati Minta Jaga Budaya Khas

  • 19 Agustus 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1669 Pengunjung
istimewa

Karangasem, suaradewata.com - Pameran perindustrian dan dagang Karangasem resmi ditutup oleh Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri. Penutupan festival tersebut dimeriahkan dengan penampilan Wushu Kolosal dan Atraksi Barongsai Sasana Rajawali Wushu Karangasem (18/8) di Stadion Amlapura. 

Kemeriahan bertambah semarak dengan penampilan Fashion Show mengejutkan dari Bupati Karangasem I GA Mas Sumatri diikuti beberapa Kepala OPD dengan mengenakan busana adat khas Karangasem. “Sama seperti pada pameran HUT Kota bulan lalu,kali ini saya kembali memberikan kejutan kepada masyarakat. Tujuan saya, menggugah hati masyarakat,apa pun kebudayaan di Karangasem jangan sampai punah. Mari kita lestarikan dan jaga bersama, busana adat kita, kesenian kita, budaya kita," ucap Bupati Mas Sumatri seusai berlenggak lenggok mengenakan busana adat rias pengantin khas Karangasem, berpasangan dengan Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Karangasem, I Made Suartana.  

Bupati Mas Sumatri menambahkan, mengutip satu pesan dari Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraan pada 16 Agustus 2019 lalu,bahwa SDM unggul tidak hanya harus memiliki karakter kuat seperti cepat, responsif,inovatif dan mandiri. Tapi, lebih dari itu,  SDM unggul harus berhati Indonesia dan berideologi Pancasila. "Mencintai bangsa ini, berhati Indonesia, bisa kita mulai dari daerah dengan mencintai budaya milik kita. Tradisi milik kita, kekhasan kita, itu pun harus kita banggakan, kita cintai. Niscaya, Karangasem akan semakin dikenal, semakin maju,” lontarnya. 

Keluar sebagai pemenang, Kabag Adpem Made Suartana yang berhak membawa pulang 1 unit sepeda gunung. Juara II berhadiah 1 unit Kulkas, diperoleh Kadis Kebudayaan I Putu Arnawa, lalu juara III berhadiah TV diperoleh Kadispustaka I Wayan Astika dan Juara Harapan, berhadiah kompor gas diperoleh Kadis Sosial Puspa Kumari. Pembagian Dorprize juga dipersiapkan Pemkab Karangasem untuk masyarakat yang datang menyaksikan langsung penutupan pameran ini, dengan banyak hadiah menarik, dari sembako,payung, tv, kulkas, kompor hingga 1 unit sepeda motor Yamaha Mio dan 1 unit sepeda motor Kaisar.  

Sementara itu, plh Sekda Kabupaten Karangasem, Sujana Erawan selaku Ketua Umum Panitia HUT RI menyampaikan, pelaksanaan Pameran Industri dan Dagang yang berlangsung dari tanggal 10 Agustus hingga 18 Agustus 2019. Kegiatan pameran industri dan dagang ini diikuti oleh 74 peserta yang terdiri atas 12 stand peserta dari OPD, dan 62 peserta dari kalangan perusahaan, industri, pengrajin, BUMD/BUMN dan kuliner di Kabupaten Karangasem.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER