Upacara Pembukaan MPLS di SMAN 1 Blahbatuh

  • 16 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3774 Pengunjung
istimewa
Gianyar, suaradewata.com - Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMA N 1 Blahbatuh atau Blasman Gianyar resmi dibuka oleh Kepala Sekolah I Ketut Sulatra, S.Pd.,M.Pd.
 
Kegiatan berlangsung di Lapangan Astina Jaya Blahbatuh, Selasa (16/07/2019). Pekik keras yel "Blasman Jujur, Tangguh, Berintegritas" menjadi semangat pembuka saat Pembina Upacara I Ketut Sulatra mengawali amanatnya.
 
Upacara MPLS Blasman diikuti oleh seluruh keluarga besar SMAN 1 Blahbatuh dan calon peserta didik yang berjumlah 396 siswa. Pada momen Upacara Pembukaan MPLS ini I Ketut Sulatra menyampaikan sejarah SMA N 1 Blahbatuh yang kini telah memasuki usia 16 tahun.
 
Sekolah yang berdiri tanggal 29 Januari 2003 ini telah mengukir banyak prestasi dan menjadi salah satu sekolah yang dipercaya sejak awal menjadi pilot project Kurikulum 2013.
 
Di tahun ini pula SMA N 1 Blahbatuh kembali dipercaya menjadi pilot project untuk pengembangan mata pelajaran informatika di sekolah.
 
“Minat masyarakat untuk bersekolah di SMAN 1 Blahbatuh sangat tinggi, terdapat 3 parameter utama yang menjadi penilaian oleh masyarakat, pertama yaitu prestasi, kedua disiplin dan terakhir soliditas. Dengan kepercayaan masyarakat yang tinggi, di tahun-tahun berikutnya kita harus optimis bahwa SMA N 1 Blahbatuh yang kita cintai ini dapat menjadi makin maju dalam segala bidang,” ungkapnya
 
I Ketut Sulatra yang juga Guru Matematika ini menekankan bahwa MPLS yang dilaksanakan di SMAN 1 Blahbatuh dilaksanakan dengan suasana penuh keakraban, tanpa kekerasan atau bullying dan fokus pada pendidikan karakter. Ada beberapa hal yang menjadi aturan wajib bagi seluruh siswa termasuk calon siswa baru yang mesti dipatuhi.
 
“Siswa Blasman tidak boleh merokok, dilarang melakukan tindak asusila, tidak terlibat sebagai pengedar maupupun pengguna narkoba dan tidak melakukan kekerasan atau bullying dan ujaran kebencian atau SARA, kedisplinan siswa di Blasman terpantau CCTV yg dipasang di areal sekolah, bagi yang melanggar tata tertib akan diberi tindakan tegas,” ungkapnya tegas.
 
Diakhir amanat, Kepala Sekolah kelahiran tahun 1970 ini berharap seluruh siswa baru dapat segera beradaptasi dan memiliki rasa bangga menjadi bagian dari SMA N 1 Blahbatuh, soliditas keluarga besar Blasman dan disiplin siswa juga diharapkan terus ditingkatkan demi majunya sekolah.
 
Banyak momen menarik terjadi saat Upacara Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Blahbatuh. Salah satu momen menarik pertama adalah saat pengalungan tanda pengenal MPLS oleh Kepala Sekolah kepada perwakilan siswa. Nampak empat orang siswa yang menjadi perwakilan siswa adalah dua pasang siswa kembar, tak ayal momen ini membuat sedikit terkejut sehingga mengundang senyum dan tawa peserta upacara.
 
Belum usai keterkejutan soal siswa kembar tersebut, saat Kepala Sekolah selaku Pembina Upacara memberikan amanat, sempat diselingi oleh gempa bumi. Karena peserta upacara telah berada di lapangan situasi dapat berjalan kondusif dan upacara dapat berlangsung tanpa gangguan.
 
Momen menarik yang tersaji selanjutnya saat Upacara Pembukaan MPLS Blasman ditutupn dengan penampilan apik Marching Band Gita Ambarawa Blasman.
 
Sebagai informasi Marching Band Gita Ambarawa Blasman Gianyar baru saja meraih Juara III pada Gelaran Langgam Indonesia yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana. rls/gus/ari

TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER