Obok Obok Tempat Kos, 12 Orang Terindikasi Penyalahguna Narkoba

  • 14 Juli 2019
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 2530 Pengunjung
istimewa

Badung, suaradewata.com - Badan Narkotika Nasional (BNN ) Kabupaten Badung melaksanakan Operasi Bersinar di Tempat Kos wilayah Desa Canggu Minggu dini hari, (14/07/2019). Dari hasil operasi ditemukan 12 orang terindikasi penyalahguna narkoba.

Kepala BNN Kabupaten Badung, Ni Ketut Masmini mengatakan operasi Bersih Dari Narkoba (Bersinar) tersebut dilaksanakan bertujuan untuk pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Kabupaten Badung. Dimana ancaman narkoba tidak hanya menyerang perkotaan, tetapi sudah merambah pedesaan. Dan upaya pembangunan desa bersih dari narkoba pun menjadi langkah strategis yang harus direalisasikan demi melindungi Desa dari ancaman narkoba.

Dalam operasi tersebut, BNN Badung bersinergi dengan Desa Canggu, TNI, Polri dan Sat Pol PP Kabupaten Badung melaksanakan Operasi Bersinar di tempat kos wilayah Desa Canggu. Operasi tersebut menyasar 8 (delapan) tempat kos yang berada di wilayah Banjar Kayutulang, Banjar Pipitan, Banjar Canggu, dan Banjar Padang Linjong.

"Kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk menekan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Desa Canggu khususnya mengingat penyalahgunaan narkoba kerap kali terjadi ditempat tempat kos terlebih Desa Canggu merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Badung," ucap Masmini, Minggu, (14/07/2019).

Pelaksanaan operasi bersinar diawali pada  pukul 04.30 Wita dengan pengecekan seluruh personel yang terlibat. Selanjutnya seluruh personil dibagi menjadi 2 tim, tim pertama yang dipimpin oleh Kasubbag Umum BNNK Badung yang menyasar Banjar Canggu dan Banjar Padang Linjong dan tim 2 yang dipimpin oleh Kepala Seksi Pemberantasan menyasar Banjar Kayutulang dan Banjar Pipitan. 

Setelah tim melakukan pengecekan tempat kos dan dilakukan Pemeriksaan urine secara selektif terhadap penghuni tempat kos oleh petugas. Dari 50 (lima puluh) sampel urine penghuni kos yang diperiksa didapatkan hasil 1 orang positif Amphetamine dan Methampetamine, 9 orang positif Methampetamine serta 2 orang positif Benzodiazepam.

"Terhadap penghuni kos yang terindikasi terlibat sebagai penyalahgunaan narkoba diarahkan untuk datang ke BNN kabupaten Badung guna dilakukan asesmen dan ditindaklanjuti dengan melaksanakan rehabilitasi," pungkasnya.

Kegiatan diakhiri dengan apel konsolidasi seluruh personil. Dalam konsolidasi Perbekel Desa Canggu I Nengah Lana,SH menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan operasi bersinar dan diharapkan adanya kegiatan berkelanjutan dalam langkah pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Desanya agar masyakat Canggu memiliki sikap tanggap dan daya tolak terhadap segala bentuk ajakan penyalahgunaan narkoba sehingga terwujud Desa Canggu Bersinar "Bersih dari Narkoba".ang/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER