Lapas Tabanan Kini Miliki Blok Khusus Lansia dan Disabilitas

  • 31 Mei 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 1792 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Sejumlah narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tabanan ada yang sudah berumur dan sakit-sakitan, maka dari itu Lapas Kelas II B Tabanan berinisiatif membangun blok khusus lansia dan disabilitas agar napi lansia atau disabilitas bisa menjalani masa hukuman dengan baik.

Kalapas Tabanan, I Putu Murdiana menjelaskan bahwa pembangunan blok ini dilakukan oleh para narapidana yang sebelumnya sudah mendapatkan pelatihan pertukangan. "Sehingga pembangunan blok ini termasuk bagian dari praktek setelah mereka mendapatkan pelatihan pertukangan. Mulai dari perencanaan hingga finishing dilakukan oleh warga binaan," jelasnya Kamis (30/5/2019).

Murdiana menambahkan anggaran pembangunan blok tersebut bersumber dari anggaran pelatihan dan perawatan gedung. Dengan ketersediaan lahan yang terbatas pihaknya pun hanya mampu membuat blok ukuran 7 x 4 meter yang disejajarkan dengan blok lainnya.

Blok yang apat menampung 5 hingga 6 orang napi ini memiliki fasilitas yang berbeda dengan blok lainnya yakni untuk memudahkan aktifitas lansia atau napi disabilitas blok tersebut diisi pegangan pada depan blok, di dalam kamar hingga di dalam toilet, serta sudah dilengkapi kloset duduk. "Dan blok ini sudah difungsikan sejak Senin kemarin," imbuhnya sembari mengatakan bahwa kini blok dihuni oleh 5 orang warga binaan yang terdiri dari 4 orang warga binaan lansia dan 1 orang warga binaan disabilitas. ayu/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER