Bupati Mas Sumatri Buka Pelatihan Kepala dan Petugas Pasar Rakyat dan Tradisional

  • 01 April 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1540 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Untuk memperkuat peran pasar rakyat dalam perekonomian Kabupaten Karangasem, Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Bagian Ekonomi Kabupaten Karangasem mengadakan acara Pelatihan Bagi Kepala Pasar dan Petugas Pasar Rakyat/Tradisional  yang bertemakan "Manajemen Pengelolaan Pasar Rakyat” di Sabha Widya Praja Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Senin (1/4/2019). 

Kabag Ekonomi I Made Susila dalam kesempatan itu mengatakan jika pelatihan tersebut digelar agar para kepala pasar dan petugas pasar bisa mendapat pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagaimana mengelola pasar dengan baik untuk meningkatkan kompetensi para kepala pasar dan petugas pasar rakyat. “Pelatihan ini ditujukan khususkan untuk para kepala pasar dan petugas pasar rakyat atu tradisional yang berjumlah 32 orang dari 16 pasar rakyat/tradisional yang dikelola Pemda Kabupaten Karangasem,” ucapnya. 

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam acara tersebut menyebutkan jika selama ini pasar rakyat terkesan kumuh, becek dan kotor, sehingga dibutuhkan revitalisasi pasar rakyat untuk memperbaiki citra buruk pasar rakyat menjadi pasar yang modern dan sehat. Pentingnya revitalisasi erat kaitannya dengan keberadaan pasar rakyat sebagai aset Kabupaten Karangasem yang harus dilindungi untuk mempertahankan nilai sosial dan budaya masyarakat. 

Dikatakannya untuk memperkuat peran pasar rakyat dalam perekonomian Kabupaten Karangasem, Pemerintah Kabupaten Karangasem mempunyai program pemberdayaan dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat melalui program Nawa Satya Dharma Masdipa ke 7 yang merupakan program prioritas yaitu peningkatan pelayanan dan prasarana perdagangan, terutama penguatan peran sentral pasar rakyat melalui perbaikan 16 pasar rakyat. 

Revitalisasi pasar rakyat tidak hanya sekedar pembenahan bangunan fisik tetapi juga non fisik terutama manajemen pengelolaan pasar rakyat, “Aatas dasar itu Pemda Kabupaten Karangasem melalui Bagian Ekonomi Kabupaten Karangasem memfasilitasi pelatihan bagi Kepala Pasar dan Petugas Pasar Rakyat guna mendapat pengetahuan, wawasan dan keterampilan bagaimana mengelola pasar dengan baik untuk meningkatkan kompetensi Para Kepala Pasar dan petugas pasar Rakyat, lontar Mas Sumatri. 

Dengan pelatihan ini pihaknya selaku pemerintah, berharap agar para pengelola pasar rakyat dapat meningkatkan pemahamannya mengenai teknik-teknik pengelolaan pasar yang baik, agar dapat meningkatkan pendapatan pasar rakyat sehingga eksistensi pasar rakyat akan tetap kuat dan dapat memajukan ekonomi kerakyatan. 

Hadir pula dalam Sekretaris Daerah I Gede Adnya Mulyadi, Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan AA. Gede Agung Rama Putra, Staf Ahli Ekonomi Pembangunan I Nengah Toya, dan Kepala OPD terkait.nov/rls/nop


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER