Pasca Aksi, KMHDI Se-Bali Sampaikan “Panca Sima” Kepada Ketua KPU Kota Denpasar

  • 22 Maret 2019
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2587 Pengunjung
istimewa

Denpasar, suaradewata.com - KMHDI se Bali kembali menggelar aksi damai sambut Pemilu Serentak 2019. Kali ini aksi dilaksanakan di Depan Monumen Bajra Sandhi, Renon, Denpasar. Aksi ini dimotori oleh PC KMHDI Badung dan diikuti oleh PD/PD KMHDI se Bali serta beberapa Organisasi Kemahasiswaan maupun Kemasyarakatan yang ada di Bali. Adapun organisasi yang mengikuti aksi ini meliputi : BEM Undiknas Denpasar, UKM KMHD STIKOM Bali, BEM Universitas Udayana, FPMHD-Unud, PMHD-Unwar serta Relawan Demokrasi Kota Denpasar, Jumat, (22/03/2019).

Kegiatan ini dilaksanakan serentak dilaksanakan di 20 Provinsi di Indonesia yang berlokasi di 51 titik pelaksanaan aksi. Kegiatan ini dilaksanakan untuk kembali mengingatkan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu tanggal 17 April 2019. Selain itu, KMHDI juga menuntut agar aparat dan juga penyelenggara Pemilu untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan berintegritas.

Setelah aksi damai ini selesai digelar, masa aksi berbondong-bondong menuju Kantor KPU Kota Denpasar untuk menyampaikan “Panca Sima” atau Lima Sikap Mahasiswa dalah kaitannya dengan Pemilu Serentak Tahun 2019. Adapun isi dari Panca Sima tersebut yaitu :

Kembali ke demokrasi kerakyatan yang berdasarkan Pancasila.

Pemilu harus mendorong rakyat untuk cerdas dalam berpolitik, esensi Pemilu sepenuhnya untuk kepentingan rakyat bukan untuk kerabat apalagi korporat.

Menghimbau kepada rakyat untuk mengedepankan kepentingan bersama (cita-cita bersama melalui Pemilu) ketimbang larut dalam konflik beda pilihan.

Mendorong Kepolisian Republik Indonesia untuk lebih mengantisipasi konflik horizontal antar masyarakat sebgaia imbas dari Pemilu, baik sebelum, saat pelaksanaan, maupun sesudah pelaksanaan Pemilu.

Mendorong pelaksanaan Pemilu damai, tanpa politik uang dan SARA, dan menjaga persatuan dan kesatuan nasional.

Rombongan aksi diterima langsung oleh Ketua KPU Denpasar I Wayan Arsa Jaya, SE. Dalam penerimaannya, pihak KPU Denpasar sangat mengapresiasi langkah-langkah yang disampaikan oleh mahasiswa dan pemuda yang ada di Bali.  “Terima kasih saya ucapkan kepada adik-adikku, karena telah peduli terhadap proses demokrasi Indonesia. Semoga kita bersama-sama dapat mewujudkan proses demokrasi yang kita idam-idamkan bersama” ucap Ketua KPU Denpasar dalam sambutannya dalam menerima rombongan aksi.

Setelah aksi, KMHDI akan kembali melakukan audiensi kepada penyelenggara Pemilu di masing-masing daerah untuk menyampaikan komitmen KMHDI untuk mendukung dan berperan aktif dalam menyukseskan Pemilu Serentak Tahun 2019.rls/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER