Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Lapas Tabanan Ajak Warga Binaan Tertawa

  • 21 Maret 2019
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2545 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com - Menjalani hari-hari di Rutan, bukan suatu hal yang menyenangkan bagi narapidana. Kehilangan kemerdekaan bergerak dan berada dalam suatu lingkungan yang sempit dan menoton serta banyaknya aturan tata tertib yang harus dilakukan membuat para narapidana makin terbebani baik fisik maupun psikologisnya. 

Untuk mengurangi rasa jenuh dan beban yang menimpa, salah satu kegiatan yang dilakukan diantaranya dengan terapi yoga ketawa. Kasubsi Registrasi dan bimkemaswat, I Wayan Sadiasa, SH menyatakan bahwa dengan mengikuti kegiatan yoga ketawa banyak manfaat yang dirasakan oleh para narapidana. 

"Banyak diantara mereka yang sembuh dari sakit seperti maag, flu, pilek dan sakit kepala," ujar Sadiasa, Rabu, (20/03/2019).

Yoga ketawa di lapas Tabanan dilaksanakan setiap sekali dalam seminggu dengan Instruktur dari Terapi Yoga Ketawa yang beralamat di Banjar Pacung,  Belalang, Kediri Tabanan. Jro Mangku Gde atau yang lazim dipanggil Surya Swami menjelaskan bahwa pihaknya merasa terpanggil untuk ikut bersama-sama para petugas Lapas Tabanan untuk membina narapidana agar selama menjalani masa pidananya selalu bersemangat dan dapat mentaati tata tertib yang berlaku. 

"Disamping itu yoga ketawa juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit terutama yang bersumber dari pikiran dengan teknik mengajak peserta untuk tertawa bersama sama dipadukan dengan teknik pernafasan (prana) dan teknik -teknik lainnya," ucap Surya.

Kalapas Tabanan,  I Putu Murdiana, Bc. IP, SH, MH di ruang kerjanya menjelaskan bahwa kegiatan yoga ketawa ini sangat bermanfaat bagi para narapidana. Pada saat sekarang ini jarang kita bisa tertawa lepas tanpa beban yang akan mengurangi masalah yang dihadapi. 

"Mencari tertawa saat ini cukup mahal, seperti dengan menonton film, drama, lawakan atau hal hal lain yang membuat kita bisa tertawa, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan tempat yang agak exclusive," ungkap Murdiana

Dengan mengikuti yoga ketawa ini, seakan-akan kita terbawa suasana yang sangat riang, lepas dari segala beban dan otak akan terasa tenang, nyaman dan selalu senang. Hal ini sangat penting bagi para narapidana yang dalam kesehariannya terbebani oleh terbatasnya ruang gerak di dalam Lapas.

"Sehingga lebih besemangat dan selalu riang gembira didalam menjalani sisa masa pidananya di Lapas Tabanan," imbuhnya. ang/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER