Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Pasar Beringkit Mengwi Akan Berlakukan Timbangan Digital

  • 05 Maret 2019
  • 00:00 WITA
  • Badung
  • Dibaca: 1835 Pengunjung
suaradewata

Badung, suaradewata.com -  Oleh direksi sebelumnya, sistem timbangan digital di"gantung" dan memakai sistem manual. Namum kini setelah pergantian direksi yang baru, direncakan timbangan digital akan diberlakukan kembali di pasar hewan terkenal di Bali ini.

Direksi bersama jajaran Dewan Pengawas (Dewas) bahkan beberapa waktu lalu sudah melakukan uji coba terhadap timbangan digital dan timbangan manual. 

Pengujian yang dilakukan dengan menimbang seekor sapi ini disaksikan jajaran Dewan Pengawas. Dari hasil uji coba tersebut, antara timbangan digital dan manual hasilnya sama. 

“Sudah kita uji (timbangan digital dan manual) dan hasilnya memang sama, tidak ada selisih. Kedepan akan kita gunakan kembali sistem timbangan digital,” kata Dirut Perumda Pasar Mangu Giri Sedana I Made Sukantra, Selasa (5/3).

Penggunaan timbangan digital ini menurut rencana akan mulai dilakukan per 12 Maret mendatang. "Mulai tanggal 12 Maret, kita akan gunakan timbangan digital," ujarnya.

Kata dia bahwa Perumda Pasar Mangu Giri Sedana memiliki dua unit timbangan digital. Satu diantaranya masih dalam proses perbaikan. 

"Penggunaan timbangan digital ini untuk menghindari adanya kecurangan penimbangan. Dengan menggunakan timbangan elektrik sangat sulit bahkan mustahil hasil timbangan dikotak-katik, seperti saat menggunakan timbangan manual," jelasnya.

Selain memutuskan menggunakan timbangan digital, pihak direksi juga menambah waktu buka pasaran, khususnya pasar hewan. Jika sebelumnya pasaran hewan hanya hari Rabu dan Minggu, kini akan ditambah lagi hari Selasa dan Sabtu. Mot/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER