Pengamanan Perayaan Nyepi, Polres Gianyar Rapatkan Barisan

  • 04 Maret 2019
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2100 Pengunjung
suaradewata.com

Gianyar, suaradewata.com – Polres Gianyar menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait guna mengantisipasi gangguan keamanan saat perayaan hari raya Nyepi, Senin (4/3/2019). Penggunaan simbol - simbol ormas dan poltik dilarang saat pengarakan ogoh - ogoh agar tidak memicu kerawanan.

Bertempat di Ruang Rupatama Polres Gianyar,  rapat koordinasi Pengamanan Perayaan hari raya Nyepi saka 1941 tahun 2019, dipimpin oleh Waka Polres Gianyar Kompol Adnan Pandibu, yang didampingi oleh Kasdim 1616/Gianyar. Dalam penyampaiannya, Kompol Adnan Pandibu mengatakan, giat hari Raya Nyepi sudah merupakan kalender kamtibmas Polda bali dan Polres Gianyar setiap tahun. Polri menjadi inisiator dalam rapat pengamanan ini sesuai dengan tugas pokok Polri dalam Undang-undang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Mohon dukungan semua pihak dan masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan Harkamtibmas di kota Gianyar,” ujarnya. Rangkaian Hari Raya Nyepi sudah berjalan dari Minggu (3/3/2019) kemarin dan hari Senin sekarang (4/3/2019) masih berlangsung giat pengamananan melasti, lanjutnya.

Waka Polres Gianyar juga mengatakan, Tahun ini merupakan tahun politik, berkaitan dengan itu Pimpinan Polri dan daerah sudah melarang adanya simbol-simbol  yang berkaitan dengan Ormas dan Politik. Sebab rawan terjadi benturan saat pengarakan ogoh-ogoh. “Jangan sampai perayaan Ogoh-ogoh dimanfaatkan untuk kepentingan lain. Mohon agar selesai giat pawai ogoh-ogoh agar ogoh-ogoh ditempatkan pada tempatnya, jangan ada yang diletakan di badan jalan sehingga mengganggu arus lalin,” paparnya.

Dijelaskannya,pada hari Rabu (6/3/2019) akan digelar apel gelar kesiapan pengamanan Hari raya Nyepi di Polres Gianyar. “Mohon dukungan semua pihak agar giat perayaan Nyepi di Kabupaten Gianyar dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Sementara itu, Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Gede Merta Santosa, menyampaikan apresiasi terhadap Polri yang sudah mengkoordiansi rapat menjelang pengamanan perayaan hari raya Nyepi 2019. Amannya kegiatan Nyepi akan berdampak bagi seluruh rakyat Gianyar tidak hanya Polri/TNI , karena gaungnya Gianyar sudah mendunia  sebagai tempat pariwisata. Sehingga sedikit ada kejadian sudah diketahui oleh dunia. Untuk itu dibutuhkan kepedulian semua pihak untuk bersama-sama menjaga wilayah Gianyar agar aman. “Agar semua pihak terkait siaga sesuai dengan titik kerawanan yang dismapikan oleh Kabag Ops dimana rawan kebakaran dan keributan saat terjadi perayaan pawai ogoh-ogoh,” ucap Kasdim 1616/Gianyar.

Giat rapat dilanjutkan dengan dialog / diskusi dalam menjaga keamanan perayaan hari raya Nyepi tahun 2019 dapat berjalan dengan aman dan lancar. Giat dialog dipandu langsung oleh Waka Polres Gianyar. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER