Teknologi Blockchain Harapan Menuju Bisnis Model Masa Depan

  • 02 Maret 2019
  • 00:00 WITA
  • Denpasar
  • Dibaca: 2349 Pengunjung
suaradewata.com

Denpasar, suaradewata.com – Tokoin, platform digital berbasis teknologi blockchain setelah sukses melaksanakan Grand Launching pada 27 Februari lalu di Jakarta, terus melanjutkan roadshow nasional. Setidaknya untuk lebih dekat dengan pelaku-pelaku industri dan pecinta teknologi.

Dari lima kota yang sudah dikunjungi, kini beralih ke Bali untuk menggali potensi industri pariwisata lewat teknologi.

Bertempat di DILO-Bali creative hub yang didirikan oleh Kementerian Perindustrian, Tokoin menggelar acara roadshow Bali. Kegiatan diskusi ini mengangkat tema Accelerating Growth of Hospitality Industry in Bali, Specifically Hotels and Culinary Businesses Through Blockchain Utilisation. 

Pada diskusi bersama pelaku bisnis kali ini, Tokoin secara langsung menggandeng Surya Sudarmadi, kreator dari aplikasi pendukung manajemen bisnis pariwisata, GuestPro.

Menurut Surya Sudarmadi, Sebenarnya sangat besar peluang untuk membuat dan mengembangkan produk aplikasi pendukung dunia usaha pariwisata, karena pengguna, dalam hal ini pelaku bisnisnya sangat luas, bukan hanya Bali tapi juga seluruh Indonesia. 

"Jika potensi pariwisata bisa didukung dengan reputasi dari para pelakunya, maka kesempatan untuk berkembang bisa semakin maksimal,” Paparnya.

Pemikirannya, bahwa Tokoin menyadari sangat mungkin untuk industri pariwisata bisa mengembangkan usahanya dan mendirikan reputasi dengan bantuan platform teknologi. 

Dengan membangun feature dan layanan yang tepat, maka Tokoin akan semakin mampu membantu UMKM pengguna Tokoin untuk memiliki reputasi bisnis yang kredibel.

Sementara itu, menurut Mutia Rachmi, Project Manager Tokoin yang juga berperan sebagai pembicara pada Tokoin Talks kali ini ingin agar UMKM termasuk didalamnya industri pariwisata, bisa memiliki reputasi bisnis dalam bentuk valuable assets. 

"Karena itu maka Tokoin menyediakan layanan yang kami sebut dengan Digital Business Identity dan Digital Ledger yang berfungsi untuk mencatat dan memvalidasi transaksi, sehingga pencatatan tersebut bisa berfungsi sebagai valuable asset bagi UMKM itu sendiri.” Jeasanya.

Dalam presentasinya pun Mutia menjelaskan mengenai teknologi blockchain yang dapat memberikan harapan baru dalam mengembangkan bisnis model masa depan sehingga dapat meningkatkan bisnis pariwisata khususnya wisata Pulau Bali. 

Rangkaian acara Tokoin Roadshow ini juga didukung oleh B2B marketplace Ralali.com sebagai Strategic Partnership. Tokoin. Tokoin dan Ralali.com memiliki kesamaan misi, yaitu untuk memajukan UMKM Indonesia.

Dengan jumlah lebih dari 59 juta unit UMKM yang dimiliki Indonesia, Tokoin bersama dengan Ralali.com ingin agar UMKM Indonesia dapat go digital dan mengembangkan bisnisnya secara lebih maksimal. mot/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER