Jelang Panca Wali Krama, Bupati Karangasem Mantapkan Persiapan

  • 27 Februari 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2202 Pengunjung
suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com - enjelang Puncak Tawur Agung Panca Wali Krama yang puncaknya akan dilaksanakan Buda Kliwon Matal 6 Maret 2019 mendatang, Bupati Mas Sumatri terus matangkan persiapan dengan Ngayah Mereresik (bersih-bersih) di areal Pura Kiduling Kreteg, Besakih Karangasem (27/2/2019). Pura Kiduling Kreteg merupakan Pura Catur Dala. Sebagai Pura Catur Dala, Pura Kiduling Kreteg sebagai tempat suci untuk memuja Tuhan dalam manifestasinya sebagai Dewa Brahma. Dewa Iswara adalah manifestasi Tuhan sebagai Dewanya sinar, yang menyinari alam semesta.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri ajak seluruh OPD dan beberapa Siswa Siswi SD, SMP, SMA untuk mereresik (bersih-bersih) di areal Pura Kiduling Kreteg, Bupati Mas Sumatri juga turun langsung Ngayah mereresik dengan tujuan untuk menjaga kebersihan dan keasrian Pura, menuju Puncak Tawur Agung Panca Wali Krama.

 

Saat bersih-bersih berlangsung tidak lupa juga Bupati Mas Sumatri mengingatkan para pedagang agar berjualan ditempat yang telah disediakan dan tidak memadati areal Pura "Saya mengingatkan untuk Para Pedagang agar berjualan secara tertib dan menempati tempat yang telah disediakan agar semua terlihat rapi dan indah dan tidak ada pihak yang dirugikan juga,” ujarnya.

 

Dirinya pun mengapresiasi panitia Panca Wali Krama yang sudah membantu kelancaran acara dan berharap agar acara berjalan dengan lancar, “Semoga Upacara Panca Wali Krama ini berjalan dengan lancar dan Labda Karya ngantos puput,” harapnya semabri berpesan kepada masyarkat dan pemedek yang tangkil agar ikut menjaga kebersihan areal Pura.

 

“Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan Pura Besakih, agar saat bersembahyang pikiran menjadi khusyuk saat melaksanakan persembahyangan, dan saya juga ingatkan kembali kepada para pemedek yang tangkil ke Pura Besakih agar tidak memakai kemasan plastik,” pungkasnya. nov/rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER