Bupati Mas Sumatri Hadiri Pelantikan Satgas TRC-IKB RAPI Wilayah Karangasem

  • 25 Februari 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2132 Pengunjung
suaradewata

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri hadiri Pelantikan Satgas Tim Reaksi Cepat Informasi dan Komunikasi Bencana (TRC-IKB) Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Wilayah 04 Kabupaten Karangasem, Minggu (25/2/2019). Pelantikan anggota sebanyak kurang lebih 114 orang yang dilakukan oleh Ketua Rapi ZZW 04 Karangasem, I Komang Budiasna dihadiri pula oleh Kepala Balai Monitoring Sprektrum Frekwensi Radio kelas l Denpasar Bali, Kepala BPBD Provinsi Bali, Ketua RAPI ZZD 14 Daerah Bali, Iwayan Sila Sayana, Forkompinda Kabupaten Karangasem Kepala OPD terkait, Kepala Basarnas Kab. Karangasem, Ketua ORARI Lokal Karangasem, dan Ketua Pasebaya Agung.

Dalam kesempatan tersebut Ketua RAPI Karangasem, I Komang Budiasna mengatakan, Pembentukan TRC ini berperan penting. Dan nantinya Satgas ini diharapkan dapat bergerak atau dikerahkan bila sewaktu-waktu timbul kondisi darurat yang tidak kita inginkan bersama di tengah tengah masyarakat. Ditegaskannya pula jika Satgas TRC-lKB yang dibentuk ini bukan untuk bersaing dengan organisasi sosial lainnya, namun diharapkan bisa menjadi mitra dalam bersama-sama menangani suatu kejadian yang masingmasing mempunyai tupoksi sendiri.

"Dalam kesempatan ini kami memohon jika instansi pemerintah semisal Basarnas, BPBD, Damkar, dan Dinas Sosial ada rencana melaksanakan program pelatihan tentang tata cara penyelamatan korban bencana, Satgas TRC-IKB agar bisa dilibatkan utk mengikuti pelatihan hingga saat bertugas dapat bertindak secara cepat, tepat profesional dan proporsional," pintanya.

Kepada unsur pemerintah, pihaknya selaku Ketua RAPI Karangasem juga mengharapkan ada bantuan peralatan, yang mencakup Repeater, Radio Rig, Power Suplay serta perangkat pendukung operasional di lapangan, “Karena perlengkapan elektro di maksud semua saya pinjam. RAPI Karangasem belum punya aset sendiri. Kecuali Seperangkat komputer bantuan dari Bapak Direktur PDAM Karangasem,” sebutnya.

Sementara itu, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri dalam sambutannya mengatakan, RAPI sebagai organisasi sosial kemasyarakatan dalam aktifitasnya di bidang komunikasi radio memiliki fungsi yang strategis untuk berperan aktif dalam memberikan informasi awal dan antar stakeholder, terhadap suatu rangka koordinasi kejadian bencana yang terjadi di Indonesia pada umumnya, dan Kabupaten Karangasem pada khususnya seperti peristiwa kebencanaan peningkatan aktifitas vulkanik Gunung Api Agung yang masih beriangsung hingga saat ini.

Keberadaan RAPI sangat penting karena mempunyai fungsi dalam hal bankom (Bantuan Komunikasi) maupun dukom (Dukungan Komunikasi) dan secara intensif mengkomunikasikan perkembangan terbaru dari sebuah kondisi kebencanaan seperti status levelnya, kondisi pengungsi sampai distribusi logistik dengan seluruh pihak-pihak yang berkepentingan sangat membantu pemerintah dalam mengambil keputusan yang tepat dan cepat.

"Saya berharap dengan eksistensinya RAPI dapat membantu masyarakat dan pemerintah mengenai ancaman bahaya suatu bencana dengan rad|io komunikasi sehingga memungkinkan informasi bisa menjangkau ke tingkat paling bawah," ucap Bupati.nov/rls/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER