Media Berita Online Bali Terkini, Kabar Terbaru Bali - Beritabali.com

Bupati Mas Sumatri Ajak OPD Gotong Royong Bersih Sampah di Areal Pura Dalem Puri Besakih

  • 13 Januari 2019
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 1811 Pengunjung
suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com - Demi menciptakan suasana bersih dan nyaman di areal tempat suci di Kabupaten Karangasem Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Sekda Adnya Mulyadi mengajak selurug Kepala OPD dan staf untuk bergotong royong membersihkan area Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Rendang, Minggu (13/1/2019).

Usaba Dalem Puri berlangsung setiap tahun, dan untuk menjaga kebersihan areal dalem puri, partisipasi masyarakat atau para krama pemedek juga sangat diharapkan dalam kaitan menjaga kebersihan, utamanya usai melaksanakan persembahyangan. Pemedek diminta untuk mengambil bekas-bekas sampian atau canang dan sampah yang dibawa sebelumnya, dan selanjutnya dibawa kembali untuk dibuang ke tempat sampah atau dibawa pulang dan dibuang sendiri dirumah. Jadi hal ini tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pengemong pura atau masyakat sekitar mengingat bahwa jumlah pemedek selama 7 hari piodalan , jumlah krama yang sembahyang sangat banyak.

 “Saya miris dan sedih ketika melihat kiriman di medsos tentang penumpukan sampah di sini, untuk itu malam setelah menerima laporan saya mengajak beberapa kepala OPD mengecek langsung ke lokasi. Setelah itu pagi ini  langsung saya bersama seluruh OPD mengajak staf untuk bersih-bersih areal Pura, agar masyarakat sadar, kebersihan ini milik dan tanggungjawab kita bersama,” tegas Bupati Mas Sumatri.

Mas Sumatri juga menekankan bahwa pemerintah daerah selalu akan mengkoordinasikan kepada seluruh jajaran baik ditingkat desa adat sampai kelompok-kelompok masyarakat terkecil bahwa kebersihan pura harus dijaga. Hal ini bentuk implementasi dari Pergub 97 tahun 2018 terkait pembatasan timbulan sampah. “Nanti di tingkat Desa harus ada pararem atau awig-awig larangan membuang sampah sembarangan kepada masyarakat,” cetusnya.

Dengan kegiatan ini pihaknya juga berharap ini bisa jadi contoh kepada masyarakat bahwa dimana pun Pura tempat kita bersembahyang,kita harus ikut serta menjaga kebersihan Pura tersebut. Karena dengan lingkungan tempat beribadah yang bersih maka akan tercipta keheningan dan kekhusyukan dalam bersembahyang. “Sebagai bentuk dukungan serius Pemerintah, kita telah memberikan 10 arko juga sapu panjang untuk mempermudah masyarkat bersih-bersih saat ini dan bisa dipakai seterusnya nanti,” imbuhnya.

Puncak Karya usaba di Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Rendang, Karangasem,diselenggarakan Selasa 8  Januari 2019. Ida betara nyejer selama enam hari. Penyineban sendiri berlangsung pada Minggu 13 Januari 2019. Usai gotong royong di Pura Dalem Puri, Bupati Mas Sumatri juga menyempatkan diri melihat langsung TPS yang ada di Desa Bugbug dengan harapan keberadaan TPS tersebut benar- benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. nov/rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER