Kegiatan Upacara Melaspas di Kawasan DTW Tanah Lot

  • 06 Desember 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2573 Pengunjung
istimewa

Tabanan, suaradewata.com - Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot, melaksanakan upacara pemelaspasan terhadap beberapa bangunan baru merupakan hasil renovasi. Upacara tersebut dihadiri oleh pengempon Pura Tanah Lot serta beberapa staf dan karyawan DTW Tanah Lot. Upacara pemelaspasan dipuput oleh Ida Pedanda dari Griya Taman Blayu dan Ida Rsi dari Griya Tegal Nyitdah,  Rabu (5/12). Menariknya, kegiatan ritual ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bangunan yang dipelaspas terdiri dari Candi Bentar, Wantilan, Pelinggih Sedahin Margi dan pemasangan paving di areal parkir pelaba pura. Setelah dikerjakan sekitar 6 bulan, semua bangunan itu kini telah selesai. Agar bangunan itu bisa dimanfaatkan, maka dilakukan upacara pemelaspasan. “Renovasi beberapa bangunan ini untuk memperindah kawasan objek. Karena itu, juga ada penambahan patung naga di sekitar Candi Bentar yang masih berdekatan dengan Wantilan Pura Tanah Lot,” kata Manajer Operasional DTW Tanah Lot. Perenovasian Candi bentar Utama dan Candi bentar di areal parkir pemedek menjadi spot selfie menarik bagi wisatawan. Apalagi ditambah dengan penempatan beberapa patung dan patung naga yang mencolok jadi mengusik minat wisatawan untuk ber swa foto. “Spot candi bentar dengan background laut menjadi spot yang istimewa”, tambah Ketut Toya.

Sementara areal parkir di sebelah barat wantilan yang biasanya dimanfaatkan sebagai tempat menggelar pameran kini dirapikan dengan sistem pavingnisasi. Sementara di sekitarnya ditata dengan pertamanan yang apik.  “Kalau urusan memberi rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan, pengelola Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot memang serius. Penataan dan pembenahan insfratrukter utamanya perbaikan trotoar untuk memberi kenyamanan bagi pejalan kaki sudah dilakukan sejak dulu secara bertahap,” imbuhnya. rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER