Satukan Persepsi Dalam Rakorda Posyandu Kabupaten Gianyar

  • 12 Oktober 2018
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 2436 Pengunjung
suaradewata

Gianyar, suaradewata.com - Untuk lebih meningkatkan dan memperkuat kesadaran akan arti pentingnya posyandu, Pemkab. Gianyar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)mengadakan Rapat Koordinasi  Daerah (Rakorda) Posyandu Kabupaten Gianyar, di Balai Budaya Gianyar, Jumat (12/10).

Sambutan Bupati Gianyar yang dibacakan oleh Plt.Kepala DPMD Kab. Gianyar Dewa Alit Mudiartha menegaskan posyandu merupakan salah satu bentuk lembaga kemasyarakatan desa yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk bersama masyarakat dalam membangun kesehatan. Terkait hal tersebut maka kebijakan Pemkab. Gianyar khususnya di bidang kesehatan adalah meningkatkan peran dan fungsi kader posyandu, termasuk didalamnya masalah insentif. Peningkatan kelas puskesmas menjadi rawat inap secara bertahap dan pelayanan dasar kesehatan akan terus dioptimalkan.

“Khusus untuk posyandu target utama pelayanan kita adalah mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak, disamping juga memberikan kemudahan kepada masyarakaat dalam memperoleh  pelayanan dasar,” tegas Dewa Alit Mudiartha.

Ditambahkan, untuk mendukung kegiatan tersebut diharapkan dukungan dari seluruh komponen masyarakat, Tim Pokjanal Posyandu kecamatan/desa ataupun kelurahan sebagai lini terdepan. Bahkan dengan diberlakukannya UU No.6 tahun 2014 tentang Desa maka perbekel lewat Tim Pokja Desa dapat menyusun program kerja dengan memanfaatkan dana desa untuk lebih meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan posyandu.

Sementara itu menurut Kasi. Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga DPMD, Ni Wayan Sriani, S.Sn. M.Si menjelaskan rapat koordinasi ini bertujuan untuk lebih meningkatkan kesadaran dari pemuka masyarakat, tim pokjanal agar lebih dapat menjalankan fungsinya secara lebih maksimal. Sehingga data kegiaatan posyandu benar-benar dapat terangkum secara valid. Sehubungan dengan itulah, menurut Wayan Sriani dalam upaya menyatakan persepsi dan upaya akselirasi pelayanan social dasar kegiuatan posyandu se- Kab. Gianyar dalam rapat ini berupaya menghadirkan 200 orang peserta. Peserta terdiri dari OPD terkait, timm pokajan posyandu, unsur PKK, petugas gizi dan kasi. Yang menangani kegiatan posyandu di desa binaan. Rakorda berlangsung selama 1 hari dengan materi penguatan kelembagaan posyandu, sosialisasi dana desa terkait dengan kegiatan posyandu, system anggaran posyandu, peranan kader dan cara penurunan stunting.

Sementara itu Ketua TP.PKK Kab. Gianyar Ny. Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra, ketika dihubungi secara terpisah mengatakan, keberhasilan posyandu terletak pada kinerja masyarakat itu sendiri dan terutama para kadernya sebagai pelaksana posyandu. Namun menurut Ny. Adnyani Mahayastra, kader tidak dapat bekerja sendiri harus mendapat dukungan kongkrit baik dari pemerintah maupun dari masyarakat. Untuk itu ia berharap dalam Rakorda ini segala masalah dapat diselesaikan dengan tuntas dan semua materi yang diberikan dapat diserap dengan baik oleh para peserta. rls/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER