Geledah Kamar Napi, 1 Buah Hp Ditemukan Di Dalam Lapas Tabanan

  • 27 September 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2999 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com - Geledah kamar narapidana, temukan 1 buah Hp dan beberapa barang disita di Lapas Tabanan, Kamis, (27/09/2018).

Kalapas Tabanan I Putu Murdiana mengatakan penggeledahan ini rutin dilakukan minimal 1 sekali dalam seminggu. Penggeledahan tersebut dilaksanakan mulai pukul  07.45 wita sampai pukul 10.00 wita melibatkan 50 personil baik dari petugas pengamanan maupun staf. Tujuan penggeledahan ini adalah untuk memperkecil ruang gerak pelaku narkoba dalam menggunakan atau mengedarkan narkoba baik didalam maupun diluar lapas. Disamping target narkoba, hal lain yang ditarget adalah alat komunikasi yaitu Hp. Kenapa Hp termasuk menjadi target utama, karena setiap pengendalian narkoba dari dalam Lapas pasti memnggunakan Hp. 

"Makanya Hp sangat kami larang beredar didalam lapas, dan apabila ada kami temukan narapidana memiliki Hp, maka sanksi tegas kami berikan sebagai soch teraphy," ucap Murdiana.

Untuk komunikasi dengan keluarga, kami telah menyiapkan layanan video call di ruangan khusus. Agar para narapidana dapat selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan keluarganya. Barang-barang lain yang menjadi target operasi adalah senjata tajam, obat-obatan kedaluawarsa dan barang-barang yang membahayakan lainnya. Dalam penggeledahan tersebut, tercatat barang-barang yang dirampas dan disita diantaranya 1 buah Hp, pisau cutter 4 buah,  botol dan gelas kaca, obat-obatan, paku,  memory card dan uang tunai 2 juta rupiah.

"Barang barang tersebut disita dan akan dimusnahkan, sedangkan barang bukti berupa uang selanjutnya disimpan pada register D dan akan dikembalikan kepada keluarga," terangnya.

Ia pun menjelaskan, bahwa saat ini Lapas Tabanan memiliki jumlah penghuni sebanyak 154 orang, sedangkan kapasitas hunian hanya 47 orang. Dan Saat ini kami mengalami over load capacity sebesar 200 persen. "Hal ini juga merupakan masalah yang cukup besar juga buat kami untuk memaksimalkan pembinaan yang diberikan kepda seluruh narapidana dan pelayanan kepada masyarakat," jelasnya.ang/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER