Aksi Peduli Lombok, Karang Taruna Widya Kusuma Desa Delod Peken Dan Mahasiswa KKN Udayana Raup Donas

  • 14 Agustus 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 3364 Pengunjung
suaradewata

Tabanan, suaradewata.com – Wujud kepedulian terhadap para korban gempa Lombok terus berdatangan di berbagai daerah. Di Tabanan, Bali pemuda Desa Delod Peken  yang tergabung dalam Karang Taruna Widya Kusuma Delod Peken  (KTWK) bersama mahasiswa KKN Udayana Desa Delod Peken menggelar berbagai aksi untuk menggalang bantuan diantaranya melakukan pemungutan sampah plastic di seputaran Pasar Tabanan dan aksi turun ke jalan di ruas simpang By Pas Ir. Soekarno Grokgak Gede Tabanan, Minggu (12/8).

Sambil membawa Rubbish bag dan kotak peduli Lombok, puluhan pemuda- pemudi KTWK bersama mahasiswa KKN menggalang donasi.KTWK adalah organisasi pemuda Desa Delod Peken yang sudah sering melakukan aksi social diantaranya donasi bantuan ke Songan Bangli, dan ke Karangasem saat terjadi erupsi Gunung Agung beberapa bulan lalu.

Aksi yang dilakukan di  minggu pagi ini, mendapat antusiasme dari pengunjung Pasar Tabanan serta pedagang yang berjualan di sekitaran Pasar Tabanan tidak kalah antusiasnya juga pengguna jalan di Bypass Ir. Soekarno juga dengan sukarela, memberikan bantuan dan memasukkan sumbangan mereka di kotak-kotak donasi yang di bawa oleh KTWK dan Mahasiswa KKN Udayana.

Meski hanya di gelar dalam kurun waktu 2 jam, namun donasi yang terkumpul cukup banyak.Hal ini menunjukkan rasa peduli dan saling membantu masyarakat dalam kemanusiaan di Lombok.Gempa yang terjadi hari minggu (5/8) kemarin dengan magnitude 7.0 SR , meluluh lantahkan pulau seribu masjid. Lebih dari 400 orang meninggal dunia dan ribuan bangunan hancur dalam bencana tersebut.

Menurut I Ketut Wiguna, salah satu anggota KTWK yang bertugas sebagai guru di Lombok menegaskan, akibat gempa 6.4 SR dan berkali-kali gempa susulan membuat warga Lombok saat ini dalam kondisi mengkawatirkan. Warga bukan hanya kehilangan keluarga dan tempat tinggal mereka,  namun mereka juga kehilangan pekerjaan dan barang berharga mereka karena tertimbun puing reruntuhan.Saat ini masyarakat Lombok sangat membutuhkan berbagai kebutuhan lainnya seperti sembako, terpal, air minum dan sebagainya.

“Semua ini kami lakukan karena serta-merta karena alas an kemanusia” papar Rama Sandya selaku ketua KTWK disela-sela aksi donasi peduli Lombok.

Sementara itu, Kordinator Bidang Kesejahteran Sosial KTWK Adi Kurniarta mengatakan, bahwa aksi penggalangan dana untuk aksi social akan terus dilakukan beberapa waktu kedepan guna mengumpulkan donasi bagi para korban bencana alam.

Dana yang terkumpul dari aksi peduli Lombok berjumlah Rp. 13.043.000,- dan langsung di serahkan kepada I Ketut Wiguna selaku Guru Garis Depan (GGD) yang bertugas di Lombok dan nantinya akan di serahkan di berbagai posko bantuan bencana yang berada di Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Barat agar merata dan lebih tepat sasaran.dek/aga


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER