Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri Hadiri Puncak Hut Koperasi ke-71

  • 29 Juli 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 2424 Pengunjung
suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com - Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri menghadiri peringatan Puncak HUT Koperasi ke-71, Sabtu (28/7), di Gedung UKM Centre Karangasem. Peringatan tahun ini mengambil tema “Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional” juga dihadiri Sekda Karangasem, I Gede Adnya Mulyadi, Kadis Koperasi  dan Ketua Dekopimda Karangasem I Gede Ngurah Indrayana. 

Bupati Mas Sumatri dalam kesempatan itu mengatakan, peringatan hari koperasi yang dilaksanakan setiap tahun, hendaknya bukan hanya dijadikan sebagai kegiatan rutin semata, tetapi dimaksudkan untuk memberi makna dan arti agar lebih meningkatkan etos kerja dan momentum kinerja secara menyeluruh dijajaran gerakan koperasi yang ada di Kabupaten Karangasem.  

Tema hari koperasi tahun ini mengandung makna bahwa masyarakat koperasi telah bangkit, bertekad dan berkeinginan untuk meningkatkan kontribusi dalam mendorong Pertumbuhan pembangunan ekonomi Nasional dengan menjadikan koperasi sebagai Soko Guru, atau badan usaha yang tangguh, kuat dan profesional diberbagai sektor riil, sehingga mampu memenuhi kepentingan ekonomi masyarakat serta mampu berkompetisi dalam dinamika preubahan global.  

Hal ini didasari pemikiran bahwa pengembangan koperasi merupakan pilihan terbaik, karena koperasi merupakan kumpulan orang-orang yang berorientasi pada kesejahteraan bersama. “Artinya dengan koperasi diharapkan akan terwujud pembangunan sosial ekonomi yang berasal dari masyarakat itu sendiri,” tandasnya. 

Diungkapkannya, koperasi di Kabupaten Karangasem saat ini berjumlah 315 unit, dari jumlah tersebut Koperasi yang aktif berjumlah 281 unit, sedangkan yang tidak aktif 34 unit Koperasi. Namun demikian Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah telah melaksanakan pembinaan secara optimal, yang sudah barang tentu didukung oleh Dekopinda Kabupaten Karangasem.  

Terkait Pertumbuhan Ekonomi dan pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Karangasem, Pemerintah berharap Pengelolaan Koperasi benar-benar bisa aman. “Melalui tema tadi Pemerintah Kabupaten Karangasem akan terus melanjutkan program pemberdayaan koperasi sehingga kedepan Koperasi di Kabupaten Karangasem dapat tumbuh dan berkembang menjadi Koperasi yang sehat, cerdas, bersih dan berwibawa berdasarkan Tri Hita Karana,” pungkasnya. 

Ketua Dekompinda Karangasem  I Gede Ngurah Indrayana menyampaikan, asset koperasi mengalami pertumbuhan sebesar 29,69 persen, menurutnya ini menunjukan bahwa kepercayaan masyarakat yang menjadi anggota Koperasi masih solid dan mempercayakan dananya dikelola oleh Koperasi, sedangkan terkait capaian SHU yang mengalami penurunan sebesar 6,76 persen,  ini adalah dampak dari pada persaingan suku bunga, dimana program KUR dengan suku bunga 9 persen menurun pertahun pada tahun 2017 sangat dirasakan oleh kalangan pengelola koperasi, sehingga sebagian besar koperasi mengalami penumpukan dana, yang berakibat menurunnya pendapatan. nov/rls/gus


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER