Ancam Keselamatan, Dewan Desak Perbaikan Jalan Culali-Yeh Mampeh Bangli

  • 10 Juni 2018
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 6180 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Kondisi ruas jalan Culali-Yeh Mampeh, Desa Batur, Kintamani benar-benar sangat memperihatinkan. Kerusakan yang terjadi semakin parah. Kondisi tersebut, tentunya sangat membahayakan keselamatan para pengendara, baik roda empat maupun roda dua. Oleh karena itu, kalangan DPRD Bangli kembali angkat bicara dan mendesak agar Dinas PU Bangli segera memerintahkan rekanan pemenang tender untuk mempercepat pengerjaan perbaikan ruas jalan tersebut.

Sesuai pantauan awak media di lokasi, Minggu (10/6/2018), kerusakan ruas jalan tersebut benar-benar sangat membahayakan. Kondisi ini, diperparah dengan tebalnya debu yang mencapai ketinggian pagelangan kaki orang dewasa, yang sewaktu-waktu bisa membuat para pengendara terjerembab dan tergelincir. Akibatnya, banyak pengendara khsusnya masyarakat luar Bangli terpaksa mengurungkan niatnya melalui jalur Culali-Yeh Mampeh tersebut.

Salah seoarang pengunjung I Gede Darma, asal  Buleleng ditemui di lokasi  mengaku takut melintas ke lokasi tersebut. Padahal, kata dia, dirinya saat itu hendak  berekreasi untuk menikmati kaldera Gunung Batur saat Umanis Kuningan. “Saya tadi terpaksa sampai nuntun kendaraan, karena kondisi jalan ditutupi debu tebal yang menyebabkan roda motor terus selip,”tuturnya.

Hal yang sama juga diakui, Made Siarta, salah seorang sopir truk. Kata dia, kerusakan ruas jalan tersebut hampir mencapai satu kilometer hingga memasuki kawasan Yeh Mampeh. Kondisi ini, membuat sopir truk harus ekstra hati-hati. Pasalnya, selain tertutup debu, ruas jalan tersebut banyak berlubang sehingga sulit untuk dilalui. “Jika tidak mengetahui medan, salah sedikit, kendaraan bisa langsung terjebak dalam kubang debu. Makanya kita harus esktra hati-hati,”sebutnya. Karena itu, para pengendara termasuk masyarakat setempat, dari dulu terus mengeluhkan kondisi ruas jalan tersebut agar segera diperbaiki.

Terlebih, diketahui, terkait kerusakan jalan Cuali-Yeh Mampeh ini, sejatinya Pemkab Bangli telah mengalokasikan anggaran perbaikan tahun 2018. Hanya saja, hingga saat ini belum ada realisasinya. Hal ini diakui, Wakil Ketua DPRD Bangli I Komang Carles  saat dikonfirmasi terpisah.

Atas kondisi tersebut, pihaknya mendesak agar Dinas PU segera mengambil perbaikan jalan Culali-Yeh Mampeh. Pasalnya, sesuai koordinasi dengan eksekutif, sejatinya sudah ada pemenang tender untuk perbaikan jalan tersebut. “ “Saya dengar untuk proyek jalan Culali-Yeh Mampeh sudah ada pemenangnya. Jadi, Kadis PU harus segera memerintahkan rekanan untuk segera bekerja memperbaiki ruas jalan tersebut,” tegasnya.

Upaya perbaikan tersebut, kata dia, mesti segera dikerjakan karena kondisinya memang sudah mengalami kerusakan yang parah. Dia takut kalau tidak diambil secepatnya jalan ini akan banyak memakan korban jiwa. “Untuk anggaran perbaikan jalan ini mencapai Rp 9 miliar lebih,”katanya. Disisi lain, Kabid Bina Marga Dinas PU Bangli belum bisa dikonfirmasi. Saat dihubungi via WA belum ada jawaban berkaitan dengan upaya penanganan kerusakan jalan tersebut. ard/rat


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER