Jaga Baya Dulang Manggap Kabupaten Buleleng

  • 16 Mei 2018
  • 00:00 WITA
  • Buleleng
  • Dibaca: 3978 Pengunjung
suaradewata

Buleleng, suaradewata.com -  Bali dikenal dengan ragam upacara agama yang menjadi keseharian warga Bali yang beragama Hindu. Dimana upacara merupakan tradisi luhur yang dilaksanakan berlandaskan semangat beryadnya, ngayah dengan rasa tulus ikhlas. Hal ini pula yang melandasi terbentuknya Jaga Baya Dulang Manggap yang kini sudah terbentuk di tingkat Provinsi Bali dan Kabupaten Buleleng.

“Jaga Baya Dulang Manggap dibawah naungan MGPSSR (Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi) merupakan sebuah karma bhakti kami ngayah agar pelaksanaan sebuah yadnya dapat berlangsung aman, tertib dan nyaman bagi umat ,” tegas Ketua Jaga Baya Dulang Manggap Provinsi Bali Wayan Sukandia saat melantik Pengurus Jaga Baya Dulang Manggap Kabupaten Buleleng di Pura Asem Kembar Desa Tukad Mungga Buleleng Selasa (15/5).

Pelantikan ditandai upacara mejaya-jaya yang dipuput Ida Pandita Mpu Dharma Mukti Sida Kerti. Tampak hadir pula Ida Pandita Mpu Nabe ring Griya Mayong dan Ida Pandita Mpu ring Grya Kliki Panji beserta undangan lainnya.

Lebih lanjut Wayan Sukandia menyatakan bahwa perkumpulan jaga baya ini sebagai wadah untuk  meningkatkan rasa persaudaraan antar pasemetonan. “Organisasi ini sebagai wahana kami untuk ngayah kepada Ida Betara Kawitan,” dibawah  naungan MGPSSR(Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi) tegasnya dihadapan para pengurus dan anggota Jaga Baya Dulang Manggap Kabupaten Buleleng yang dilantik.

Sementara itu Ketua Jaga Baya Dulang Manggap Kabupaten Buleleng Putu Pasek Agung Dibia Atmaja mengajak generasi Hindu khususnya warih pasek agar wirang lan tindih serta guyub ring pasemetonan. “Salah satunya agar saling mengenal sehingga dapat meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan diri dengan semeton,” jelas Pasek Agung Dibia yang sering disapa Gung Paul. Hal ini juga merupakan wujud bakti kepada Ida Betara Kawitan serta tidak lempas dari piteket bhisama ida betara kawitan.

 

Berikut susunan kepengurusan Jaga Baya Dulang Manggap Kabupaten Buleleng

Pembina JBDM Bali :  Gede Pasek Suardika,SH MH

Pasek Denia

Pengurus JBDM Kab.Buleleng :

Ketua : Putu Pasek Agung Dibia Atmaja

Wakil Ketua: Ketut Supandra

Sekretaris 1 : Putu Darmayana

Sekretaris 2: Komang Adi Ana Adnyana

Bendahara 1 : Putu Sadiarta

Bendahara 2 : Made Yusmawan

Koordinator Buleleng untuk Pengurus Propinsi : Gede Minarwan

rls/gin


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER