Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri Pimpin Apel Hari Pendidikan Nasional Yang Ke 110

suaradewata

Karangasem, suaradewata.com-Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Karangasem menggelar Upacara Bendera di Lapangan Tanah Aron, Amlapura, Rabu (2/5/2018) dengan mengambil tema “Menguatkan pendidikan Menuju kebusayaan” dengan Inspektur Upacara Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri. Peringatan Hardiknas 2018 itu diwarnai dengan bertaburkan penghargaan bagi guru, siswa-siswi  berprestasi serta pemberian SK kenaikan pangkat dari golongan IV A ke IV B, III A ke III B tahun 2018. 

Penghargaan sebagai tanda ucapan terima kasih kepada para guru dan para siswa-siswi   yang telah mengharumkan nama Kabupaten Karangasem itu diserahkan langsung Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri bersama Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dan Forkopimda Karangasem.

Sementara itu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Mudjajir Effendy dalam sambutan yang dibacakan Bupati Karangasem Mas Sumatri mengatakan, Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional dan tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal lahir Raden Mas Soewardi Soerjaningrat seorang tokoh pendidikan Indonesia yang kemudian lebih dikenal dengan nama Ki Hadjar Dewantara.

“Dalam memperingati hari pendidikan nasional tahun 2018 ini kita mengambil tema "menguatkan pendidikan, menuju kebudayaan. Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” tegas Bupati Mas sumatri.

Dilanjutkannya, dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, disebutkan bahwa pendidikan nasional kita adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, sedangkah kebudayaan nasional mempakan akar pendidikan nasional, “Cita-cita pendidikan dan kebudayaan nasional hanya bisa terwujud jika kita bekerja keras dan berdaya jelajah luas. Hanya dengan cara itu, kerja pendidikan dan kebudayaan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia,” tandasnya.

Ditambahkannya, pada kesempatan yang sama juga diperingati Hari Buruh intemasional yang pada tahun 2018 ini untuk pertama kalinya “May Day” dilaksanakan di Kabupaten Karangasem. Untuk itu pihaknya mengharapkan adanya sinergitas kerjasama antara Pemerintah Daerah, Pengusaha dan Pekerja dengan merujuk pada peraturan yang berlaku yaitu Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dalam upaya menciptakan hubungan Industrial yang harmonis, dinamis, berkeadilan dan bermartabat . Peringatan May day dapat dijadikan momentum bagi kita semua sesuai tema “May Day is a fun Day ” untuk merefleksikan kembali perjuangan dalam mensejahterakan kaum buruh. 

Hadir pula pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional itu Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekdakab Karangasem, I Gede Adnya Mulyadi, Kepala Pengadilan Negeri Amlapura, Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemkab Karangasem, TNI dan Polri serta para siswa sekolah dari tingkat SD hingga SLTA se-Kabupaten Karangasem, Ketua PKK Karangasem, Ketua Dharma Wanita Karangasem, Ketua Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Wanita se-Kabupaten Karangasem. nov/rls/Adv/rat

 

 

 

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER