Semarak Karnaval Sepeda Hias, Tahun Depan Juara 1 Hingga 10 Dijanjikan Hadiah

  • 01 Mei 2018
  • 00:00 WITA
  • Bangli
  • Dibaca: 5107 Pengunjung
suaradewata

Bangli, suaradewata.com – Pelaksanaan karnaval sepeda hias serangkaian HUT Kota Bangli ke-814 berlangsung semarak, Selasa (01/05/2018). Ratusan anak-anak SD perwakilan  masing-masing kecamatan  Se-Bangli  ambil bagian. Berbagai kreasi sepeda hias  turut ditampilkan dalam karnavaLl yang dilepas Sekda  Bangli  Ida Bagus Giri Putra di depan Kantor Bupati Bangli. 

Pada kesempatan itu, Sekda Bangli Ida Bagus Gede Giri Putra mewakili Bupati  Bangli menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas semangat  para peserta karnaval sepeda hias. Pihakya, menilai peserta karnaval sepeda hias dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Melihat antosiasme peserta, ke depan pihaknya akan memberikan reward (penghargaan)  kepada para peserta karnaval sepeda hias. “Tahun depan kita akan memberikan hadiah kepada  peserta  hingga 10 besar terbaik. Ini sudah menjadi kebijakan dari Pak bupati,”kata mantan Sekwan ini.

Sesuai pantauan, partisjpasi peserta sepeda hias kali ini terbilang sangat tinggi. Meski dibawah terik matahari mereka tampak bersabar menunggu dan mengikuti rangkain karnaval hingga selesai. Saking semangatnya para peserta tampak berlomba-lomba menampil berbagai kreasi seni, seperti merakit sepeda mereka bak kereta kuda, berbagai jenis ikan, malahan ada yang merias sepeda mereka dalam bentuk barong. Salah satu yang terunik adalah penampilan siswa SD Bunutin, yang membuat kreasi barong dengan menggunakan bahan baku dari daun pisang kering.

Salah seorang siswa SD Bunutin Gede Agus Tonika Putra menuturkan dirinya lebih memilih bahan alami untuk menghias sepeda. Selain mudah didapat, dengan menggunakan bahan alami lebih klasik dan ramah lingkungan. Kemudian bahan-bahan seperti ijuk, daun pisang kering dan kelengkapan lainnya dirangkai hingga menyerupai barong. “Untuk meriasnya, kita membutuhkan waktu sehari. Dalam pembuatan kita dibantu guru dan teman-teman,”tuturnya.

Sementara itu, sesuai laporan panitia jumlah peserta karnaval sepeda hias mencapai 350 orang yang merupakan perwakilan dari sekolah dasar di empat kecamatan di Bangli. Rute karnaval dimulai dari start dilakukan di depan kantor  Bupati Bangli menuju utara, melalui eks RSUD Bangli menuju  Jalan Kesuma Yudha. Selanjut peserta menuju Jalan Cendra Wasih tembus di Jalan Nusantara, kemudian menuju jalan Merdeka dan di depan  Polres Bangli menuju ke barat hingga kembali finis di depan Kantor Bupati Bangli. ard/rat


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER