Pantau Gang Bersih, Wabup Kembang Kayuh Sepeda Hingga 7 Km

  • 12 Maret 2018
  • 00:00 WITA
  • Jembrana
  • Dibaca: 2491 Pengunjung
suaradewata.com

Jembrana, suaradewata.com- Di sela kesibukannya sebagai Wakil Bupati, Wabup menyempatkan untuk memantau gang – gang yang ada di Kelurahan Pendem dan Baler Bale Agung. Tidak seperti biasanya, Wabup Kembang di temani , lurah setempat, ajudan dan beberapa anggota Pol PP tadi pagi  (11/3) menyusuri beberapa gang yang ada di Kelurahan Pendem dan Baler Bale Agung. Dimulai dari rumah jabatan Wakil Bupati di kawasan Kantor Bupati Jembrana, Wabup Kembang menyusuri gang - gang hingga menempuh jarak kurang lebih 7 kilometer.

Menurut Kembang, selain memantau perkembangan penataan gang, menggunakan sepeda dirinya sekaligus bisa berolahraga. “Dengan sepeda, kita bisa berolah raga sekaligus memantau. Jaraknya pun bisa lebih jauh ketimbang dengan jalan kaki. Biasanya saya jalan kaki memantau proyek atau program Pemkab, hanya saja jaraknya terbatas. Dengan sepeda jaraknya bisa lebih jauh dan pemantauannya lebih detail ketimbang menggunakan mobil. Selain itu bisa menyapa masyarakat.” kata Kembang.

Menurutnya penataan lingkungan tidak hanya menjadi sebuah kewajiban namun sebuah kebutuhan. “Dengan lingkungan yang bersih, tentunya akan membuat pikiran kita menjadi bersih juga. Mulailah dengan menanam di pekarangan rumah kita, kemudian lanjutkan ke gang – gang. Tanamannya pun tidak mesti dengan tanaman yang mahal. Cukup dengan tanaman yang ada di sekitar berupa toga (tanaman obat keluarga), atau tanaman buah. Yang terpenting di tata dengan baik” ujarnya.

Dengan memulai dari rumah lanjutlah ke gang – gang, tentunya akan ke keseluruh kelurahan tentu nanti akan di tiru seluruh desa dan kelurahan seJembrana. “Saya berharap ke depan, kelurahan atau desa lain di Jembrana mulai mengadopsi ilmu yang ada di Kelurahan Pendem dan Kelurahan BB Agung, hingga seluruh Jembrana lingkungannya, gangnya tertata apik. Dan di Bali, baru Jembrana yang menjadi pioneer (pelopor) dalam menata gang menjadi lebih hijau. Bahkan ada kabupaten lain yang sudah melirik Jembrana untuk mengadopsi pola penataan gangnya” tutup Kembang.

Menurut Lurah Pendem, I Wayan Putra Mahardika, di kelurahannya kali ini sudah ada 17 gang yang tertata apik dengan cat, tanaman, hingga mural. “Kesemuanya berawal dari swadaya awalnya hanya satu gang yang di fokuskan, akhirnya warga gang lain pun terpacu untuk mengikuti hingga sekarang berjumlah 17 gang” ungkapnya.

Selain menyusuri gang, Kembang juga berbaur juga dengan masyarakat yang sedang melakukan kerja bakti menata gang. Bahkan Wabup Kembang juga turun tangan menanam beberapa tanaman yang akan menghias gang – gang tersebut. Gin/sar


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER