Diguyur Hujan Deras, Jembatan Penghubung Kuwum Mambal - Kuwum Anyar Jebol

  • 24 Januari 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 2842 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com -  Hujan deras yang mengguyur belakangan ini menyebabkan bencana alam disejumlah daerah, termasuk di Tabanan. Salah satunya menyebabkan jembatan penghubung Banjar Kuwum Mambal dan Banjar Kuwum Anyar, Desa Kuwum, Kecamatan Marga, Tabanan, jebol.

Dari informasi di lapangan, jembatan itu jebol sekitar Senin malam (22/1/2018) akibat hujan deras serta volume air yang mengalir pada gorong-gorong jembatan yang tinggi dan menggerus pondasi jembatan. Akibatnya jembatan yang menghubungkan Banjar Kuwum Anyar, Banjar Kuwum Mambal dan Banjar Kuwum Ancak Bija ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja. Jalan sebelah utara jembatan pun jebol sepanjang 5 meter dengan lebar 3 meter.

Kelian Dinas Banjar Kuwum Anyar, I Wayan Dedy Arthana mengatakan bahwa atas kondisi tersebut, ia bersama Kasi Pemerintahan Desa Kuwum langsung memasang tali rapia dan tulisan peringatan di barat dan timur jembatan agar pengguna jalan lebih berhati-hati saat melintas. “Untuk kendaraan roda empat sementara tidak diperbolehkan melintas demi keselamatan, karena ditakutkan jembatan akan kembali jebol,” ujarnya Rabu (24/1/2018).

Ia menambahkan, jika dirinya sudah bersurat ke Desa mengenai kondisi jembatan tersebut untuk selanjutnya dilanjutkan ke Camat dan diteruskan ke Dinas PU Tabanan.
Ditambahkan oleh Kasi Pemerintah Desa Kuwum, I Wayan Santika mengatakan bahwa sekitar 14 tahun yang lalu jembatan itu sudah pernah jebol dan mendapatkan perbaikan disertai pelebaran jalan. “Dulu jalannya hanya 3 meter, lalu diperlebar menjadi 6 meter dan diangkat lagi 1 meter,” ujarnya.

Menurutnya, jebolnya jembatan kali ini disebabkan karena faktor alam dimana hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah Tabanan dan sekitarnya. Pihaknya pun berharap hal ini dapat segera ditangani oleh instansi terkait sehingga aktifitas masyarakat tidak terganggu. ayu/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER