Gunung Agung Meletus Lagi, Kali ini Asap Pekat Hingga Ketinggian 2.500 meter

  • 11 Januari 2018
  • 00:00 WITA
  • Karangasem
  • Dibaca: 3977 Pengunjung
suaradewata.com

Karangasem, suaradewata.com- Erupsi freatik kembali terjadi di kawah Gunung Agung, dimana hembusan asap yang bercampur dengan abu vulkanik berwarna pekat terjadi hingga ketinggian 2500 meter diatas permukaan kawah. Kejadian ini langsung mengndang perhatian warga utamanya yang tinggal di dekat areal zona merah atau zona berbahaya erupsi Gunung Agung radius 6 kilometer dari kawah Gunung Agung.

Sejumlah warga yang baru saja pulang dari pengungsian, mulai terlihat panik dan kebingungan lantaran was-was dengan kejadian letusan yang terjadi pada pukul 17.15 Wita, Kamis (11/1/2018) petang tersebut. Terkait dengan kejadian letusan ini, Kasubid Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, PVMBG, Devy Kamil Syahbana, ketika dihubungi via telepon menjelaskan jika letusan yang terjadi ini merupakan hal yang wajar dan biasa terjadi pada Gunung Api yang berstatus awas atau berada ada level IV.

“Ini hal yang wajar terjadi oada Gunung Api yang berada pada level IV, nah Gunung Agung sendiri masih berada pada level IV, jadi wajar saja terjadi letusan seperti sekarang ini,” sebutnya. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang berada di luar zona merah radius 6 kilometer, untuk tidak panik namun tetap meningkatkan kewaspadaan.

Sedangkan menyusul meningkatnya aktifitas vulkanik Gunung Agung, pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki zona merah radisu 6 kilometer, apalagi tinggal dan beraktifitas di radius berbahaya itu. Sementara itu sejumlah wilayah di Karangasem, seperti Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, dilanda hujan abu yang cukup lebat. nov/gin

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER