Paket AMAN Jalani Tes Kesehatan di RS Sanglah

  • 10 Januari 2018
  • 00:00 WITA
  • Gianyar
  • Dibaca: 3797 Pengunjung
suara dewata

Gianyar, suaradewata.com - KPU Kabupaten Gianyar mendampingi pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Gianyar 2018 dari Paket AMAN (Agus Mahayastra - Agung Mayun) untuk melakukan cek kesehatan di RSU Sanglah, Rabu, (10/1), Denpasar. Cek kesehatan bakal pasangan calon didampingi langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Gianyar, Anak Agung Gde Putra, SH, MH, Divisi Teknis Peyelenggaraan KPU Kabupaten Gianyar, I Putu Agus Tirta Suguna, Sekretaris KPU Kabupaten Gianyar, Pande Putu Sunarta, SH, MM dan Kasubag Teknis Pemilu dan Humas KPU Kabupaten Gianyar I Wayan Nopi Suryanto, SH. 

Disela kesempatan tersebut Ketua KPU Kabupaten Gianyar Anak Agung Gde Putra, SH, MH, menyampaikan, cek kesehatan yang dilakukan oleh  pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar 2018, meliputi cek kesehatan jasmani, rohani dan narkotika. 

"Jika dilihat sesuai proses PKPU, untuk pemeriksaan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar 2018 harus dilakukan di Rumah Sakit Tipe A. Untuk Rumah Sakit Tipe A saat ini hanya ada di RS Sanglah. Sedangkan Rumah Sakit di Kabupaten Gianyar, masih Tipe B. Maka direkomendasikan oleh Dokter di RS Kabupaten Gianyar untuk pelaksanaan cek kesehatan dilakukan di RS Sanglah," ujarnya. 

Dilanjutkan, pemeriksaan cek kesehatan di RSU Sanglah dilakukan secara bersama-sama dengan KPU Provinsi, KPU Kabupaten Klungkung serta masing-masing bakal pasangan calon. Untuk cek kesehatan besok (Kamis,11/1) akan dilakukan oleh bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar dari paket Kertha-Maha (Cok Ibah-Gek Rani), tentunya dengan sistem cek kesehatan yang sama dilakukan pada hari ini.

Agung Gde Putra jugamenambahkan, untuk tanggal 13 Januari 2018 akan dilakukan psikotes bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gianyar, Pelaksanaan psikotes akan dilakukan secara bersama-sama di Kantor KPU Provinsi Bali. 

Dalam waktu dan kesempatan yang sama Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan yang  juga Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah, Dr. dr. I Ketut Sudartana, Sp.B(KBD) mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan antara lain, jasmani, fisik, psikiatri, penyakit dalam, jantung, paru, mata, cek lab, fungi hati, ginjal, kolestrol dan Narkoba yang dilakukan oleh BNN. 

Melalui tes ini nantinya, apakah para pasangan calon sehat atau tidak tentu dari cek kesehatan ini akan ada persyaratan dari tim Dokter.  Sudartana menambahkan, untuk pasangan calon yang diperiksa perhari ini ada tiga pasangan calon, satu dari pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Bali 2018 dan dua dari pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar. gus/ari


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER