2018, Tabanan Akan Terapkan e-Parking

  • 05 Januari 2018
  • 00:00 WITA
  • Tabanan
  • Dibaca: 4070 Pengunjung
suaradewata.com

Tabanan, suaradewata.com – Tahun 2018 ini, Tabanan akan mulai menerapkan parkir elektronik atau e-parking.  Penerapan e-parking ini digadang-gadang akan mulai bulan April 2018.

Nantinya akan sekitar 15 mesin parkir meter seharga Rp 3 Miliar yang dipasang disejumlah titik di Kota Tabanan. Dengan hal tersebut, masyarakat akan membayar parkir dengan menggunakan uang elektronik atau e-money. Disamping untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga untuk mencegah terjadinya kebocoran.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan, I Made Agus Hartawiguna, Jumat (5/1) menjelaskan jika sebelum e-parking terealisasi, pihaknya akan terus melakukan koordinasi kepada pimpinan agar penerapan e-parking berjalan lancar.

Rencananya, pihaknya akan membeli 15 mesin parkir meter melalui e-catalog dan akan ditempatkan di tiga ruas jalan besar di Kota Tabanan. Mulai dari Jalan Gajah Mada, Jalan Gunung Batur dan Jalan Tamrin yang bersifat parkir on street. “Hingga di Pasar Transit Tabanan yang sifatnya parkir off street,” ujarnya.

Nantinya saat e-parking sudah diterapkan, maka masyarakat didorong memiliki e-money sebagai alat pembayarannya. “Nantinya juga akan ada petugas yang mengarahkan dalam penerapan parkir elektronik tersebut,” sambungnya.

Namun bagi masyarakat yang belum mempunyai e-money, tidak perlu khawatir karena akan tetap dipungut parkir oleh juru parkir yang tetap stand by di lapangan. Penerapan e-parking tersebut juga sudah melakukan kerjasama dengan salah satu bank swasta untuk ketersediaan alat pembayaran.

“Dan sebelum parkir elektronik itu diterapkan tentu kita akan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat agar semua mengetahui jika pada bulan April 2018 mendatang, Tabanan akan menerapkan parkir elektronik,” pungkasnya. Ayu/sar

 


TAGS :

Komentar

FACEBOOK

TWITTER